by

Tenang Dan Nyaman Sholat Jumat Di Daarut Tauhid Cipaku, Jakarta Selatan

Masjid Daarut Tauhid, Cipaku, Jakarta Selatan.[Dok/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEW.COM, JAKARTA –  Ada yang beda saat kita melaksanakan sholat jumat di Masjid Daarut Tauhid, Jl. Cipaku, Jakarta Selatan. Kita temukan kenyamanan dan ketentraman. Hal ini tampak saat pelaksanaan sholat Jum at hari ini, (5/7/2019).
Pengelola ingin membangun nilai persaudaraan yang kuat antara pengurus dan jamaah. Untuk itu, bila kita tiba di masjid ini, ada seorang yang dipersiapkan untuk menerima jamaah dan mempersilakan masuk dan menempati ruang yang masih kosong.
Setiap jamaah disambut ramah tanpa membedakan latar belakang mereka. Dengan senyum khas, bapak ini menerima dan menyalami jamaah. Kitapun merasa bagian dari jamaah dan bukan orang lain di dalam masjid tersebut.
Jamaah yang datangpun disambut dengan senyum
Selain itu, Masjid Daarut Tauhid yang berlokasi di Jl. Cipaku dekat pasar Santa, Jakarta Selatan ini juga menyiapkan air mineral bagi jamaah yang mungkin sebagai tamu dari jauh. Minuman air mineral ukuran gelas dan botol kecil ditata rapi di atas sebuah meja di dekat pintu masuk lantai dua. Semua jamaah yang datang boleh mengambilnya untuk diminum di tempat.
Kenayamanan lain yang kita dapati di Masjid Daarut Tauhid ini adalah terkait dengan sound system untuk sang khotib menyampaikan materi khutbah. Pengeras suara yang soft, tidak terlalu keras, sehingga materi khutbah sampai di telinga jamaah dengan nyaman. 
Apa lagi model penyampaian materi khutbah disampaikan oleh sang khotib dengan suara, intonasi, dan runtutan kalimat yang teratur dan jelas. Kita dibawa seakan berada di ruang kuliah yang sejuk dan bermakna.
Penataan atau lay out Masjid ini sesungguhnya biasa saja namun ada nilai tambah dari kesederhanannya itu. Karpet hijau jenis rumput juga menjadi nilai yang berbeda dan membuat nyaman jamaah duduk di atasnya meskipun tanpa alas sajadah.
Dilihat dari sisi manajemen, Masjid Daaut Tauhid tampak dikelola secara professional dengan program – program pengajian internal dan juga kegiatan sosial yang sangat berguna untuk masyarakat luas. Hal ini didukung pula dengan informasi lengkap yang disajikan secara digital.[]

Comment

Rekomendasi untuk Anda