by

Belum Teraliri Listrik PLN, Warga Desa Lasara Siwalubanua Terima PLTS

Penyerahan PLTS secara simbolis kepada warga Desa Lasara Siwalubanua

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Kecamatan Ma’u, adalah salah satu dari 10 (sepuluh) kecamatan di Kabupaten Nias yang sebagian besar daerah nya belum teraliri listrik.

Melalui program Nawa Cita Joko Widodo – Jusuf Kalla, “Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan”. Kini Desa Lasara Siwalubanua dapat merasakan penerangan dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) hemat energi.

Kepala Desa Lasara Siwalubanua, Aliyus Waruwu dalam ketenangannya, Jumat (23/8) mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat.

“Kami sangat bersyukur dan berterimakasih kepada Pemerintah Pusat yang telah memperhatikan daerah kami,” ucap Kades Aliyus dengan sumringah.

“Saat pengusulan, kami mengajukan 277 rumah, dan yang terakomodir sebanyak 102 rumah. Kami pun berharap kepada Pemerintah semoga nantinya ada tahap kedua,” tuturnya lebih lanjut.

Salah seorang tim pendistribusian dan pemasangan, Egi menjelaskan singkat tahapan pengajuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

“Ini adalah hasil usulan desa pada bulan lalu, setelah diverifikasi oleh dinas terkait, melalui cabang Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Pulau Nias memfasilitasi dari pusat sampai ke daerah/desa,” jelasnya.

Masyarakat Desa Lasara Siwalubanua, Tongoni Waruwu selaku penerimaan manfaat mengucapkan terima kasih kepada pemerintah.

“Kami menyampaikan rasa terimakasih kepada pemerintah yang sudah memberikan secara cuma-cuma bantuan PLTS. Ini sangat membantu menerangi setiap aktifitas kami di rumah. Yang dimana selama ini kami hanya memakai lampu kecil dan kadang lilin dikarenakan tidak mampu membeli minya tanah yang 15.000/liter,” tandasnya. (Albert)

Comment

Rekomendasi Berita