by

Nilai Ujian Nasional Jeblok, SDN Sawangan 01 Patut Disoal

Ilustrasi 
RADARINDONESIANEWS.COM, DEPOK – Hasil Nilai Ujian Nasional ( UN )  Tahun  Ajaran 2018/2019  SDN di Kota Depok patut dinilai jeblok?
“Namun tahun ini sedikit bagus dari tahun kemarin,” demikian kata Kadisdik Kota Depok  H. Muhammad Tamrin saat menanggapi nilai UN  ajaran tahun 2018/2019 tersebut.
Hal ini tidak dapat disalahkan pada peserta ujiannya saja dan tentu ada penyebab lain  sehingga hasil nilai UN menjadikan ”pil pahit” bagi murid yang mendapatkan nilai jeblok itu.
Tentu nilai ini menjadi keprihatinan bagi guru klas VI serta menimbulkan kesedihan yang mendalam bagi orang tua murid.
Di tengah kemurungan orang tua murid SDN Sawangan 01 Kota Depok, patut dipertanyakan, pasalnya seluruh peserta UN di SDN Sawangan 01 yang jumlah muridnya 107 itu, semua murid mendapat nilai tinggi dan sama rata hanya beda koma saja. Ada apa?
Dalam menyikapi hal tersebut di atas, dikatakan sumber yang juga dari kalangan pendidik yang tidak mau disebut indentitasnya kepada media ini dia mengatakan dirinya melihat nilai UN pada sekolah itu memang patut di pertanyakan.
“Sebetulnya kecil kemungkinan itu bisa terjadi coba lihat yang lain,” terang sumber tadi yang nampak keheran heranan atas nilai yang dimaksud tersebut.
Di tempat terpisah sumber lain ketika melihat hasil UN yang di maksud tak kalah kagetnya dengan sumber sebelumnya.
“itu jelas satu kejanggalan dan keanehan namun susah dibuktikan,” terang sumber yang juga dari kalangan pendidik .
Terkait nilai  UN yang patut dinilai banyak pertanyaan tersebut, kepada media ini, Kepsek yang bersangkutan dengan enteng menjawab.
“Nilai UN di sekolah saya, buat saya tidak ada masalah,”jawabnya singkat dan langsung menghindar.
Dalam hal tersebut, Tamrin belum mau mengomentari, dia menyarankan hal tersebut diminta untuk diyanyakan dulu kepada Kasi.
“Coba silahkan tanya dulu ke Kasi (Dadi) atau Awang,” kata Tamrin   singkat. ( Angie Moer )

Comment

Rekomendasi untuk Anda