by

PAHKI dan Justitia Training Center Gelar PKP PAHKI Angkatan V

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Perkumpulan Perancang dan Ahli Hukum Kontrak (PAHKI) kembali menyelenggarakan Pendidikan Khusus Profesi Perancang dan Ahli Hukum Kontrak (PKP PAHKI) Tingkat Dasar Angkatan V. Pendidikan ini diselenggarakan atas kerjasama dengan Justitia Training Center. Pendidikan yang bertujuan mempersiapkan perancang dan ahli hukum kontrak yang mampu bersaing di level nasional maupun internsional ini diikuti oleh peserta dari berbagai kalangan dan daerah. 
Peserta yang mengikuti pelatihan ini terdiri dari advokat, konsultan hukum, staf legal perusahaan, notaris, dosen, pimpinan perusahaan, dan lain-lain. 
Daerah asal peserta pun beragam mulai dari Sumatera hingga Sulawesi.

Ketua Umum DPP PAHKI, Prof Hikmahanto Juwana, S.H, LLM., PhD., yang membuka langsung pendidikan awal tersebut menyampaikan agar ke depan peserta dapat menjadi perancang kontrak dan ahli hukum kontrak yang handal sehingga bisa meminimalisir kesalahan dalam pembuatan kontrak. 

Pendidikan ini diselenggarakan selama 2 hari dan dibimbing langsung oleh narasumber yang ahli di bidangnya seperti  Prof Hikmahanto Juwana, S.H., LLM., PhD (Ketua Umum DPP PAHKI), Prof Dr Faisal Santiago, S.H., M.M. (Guru Besar Imu Hukum Universitas Borobudur), Dr. Chandra Yusuf, S.H., LLM., MBA., MMgt (Dosen Universitas YARSI).

Selama pendidikan, para peserta dibekali keterampilan merancang sebuah kontrak di berbagai bidang, baik kontrak perusahaan, pemerintah, kontrak konstruksi, hingga kontrak dwi bahasa. 
Selain materi yang diberikan para peserta juga dibekali dengan simulasi (praktek) penyusunan kontrak agar peserta terbiasa membuat kontrak. 
Pada akhir pendidikan para peserta diwajibkan menjalani ujian untuk mengukur sejauh mana kemampuan peserta dalam menyerap pendidikan sebelumnya. 
Ujian yang harus dilewati merupakan soal essay dan praktek pembuatan kontrak berdasarkan studi kasus yang disampaikan. 
Melalui ujian ini diharapkan dapat memperkuat kemampuan dan keterampilan para peserta untuk dapat menjadi perancang kontrak dan ahli hukum kontrak di bidangnya masing-masing. 
Di akhir acara para pengurus PAHKI hadir mendampingi peserta yang telah menyelesaikan ujian antara lain R. Riri Purbasari Dewi, S.H., LLM., MBA (Wakil Ketua Umum), Euis Mulayti, SH., M.H. (Kabid Keanggotaan), Agus Sapto Budisusatyo, S.H., M.H., CLA., CLI (Bendahara Umum), dan Andriansyah Tiawarman K, S.H., M.H. (Sekretaris Jenderal)

Perkumpulan Perancang & Ahli Hukum Kontrak (PAHKI) sendiri telah berdiri sejak awal tahun 2018 berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor.AHU-0007931.AH.01.07.Tahun 2018.

Organisasi PAHKI ini dipimpin oleh seorang Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia, Prof Hikmahanto Juwana, S.H., LLM., PhD didampingi seorang Sekretaris Jenderal Andriansyah Tiawarman K, S.H., M.H.

Hingga saat ini PAHKI telah menyelenggarakan PKP PAHKI sebanyak 5 angkatan dan sudah memiliki 70 anggota.  Ini merupakan capaian yang cukup baik mengingat usia PAHKI yang baru 1 tahun dan PAHKI berfokus untuk memperdalam keterampilan anggota secara berkala memperbaiki kualitas anggota bukan sekedar kuantitas.

Selain PKP PAHKI, PAHKI juga memiliki program lanjutan yaitu Program Pengembangan Kompetensi (PPK) dimana program ini ditujukan untuk mempertajam kemampuan para anggota dalam perancangan kontrak sesuai kebutuhan kekinian. 
“Di samping menyelenggarakan pendidikan PAHKI juga menjalin kerjasama dengan audiensi dengan beberapa kementerian seperti Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Perdagangan, Kementerian Riset dan Tekologi, dan lain-lain.” Imbuh Sekretaris Jenderal Andriansyah Tiawarman K, S.H., M.H.[]

Comment

Rekomendasi untuk Anda