by

Wujudkan UHC, Bupati Dan Camat Se-Nias Barat Dukung BPJS Kesehatan

Saat pertemuan sedang berlangsung antara BPJS Kesehatan Nias Barat dan Pemerintah Kabupaten Nias Barat

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS BARAT – Menuju Universal Health Coverage (UHC), Bupati Nias Barat Faduhusi Daely menyampaikan dukungan kepada BPJS Kesehatan dalam menyelenggarakan program JKN-KIS, Rabu (21/8).

Dukungan ini disampaikan langsung kepada Camat se-Kabupaten Nias Barat dan Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Nias Barat.

Hal ini tampak dari tercapainya 96.40% penduduk Nias Barat atau 91.898 jiwa telah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS.

Jumlah tersebut terdiri dari 54.916 Jiwa dari segmen PBI APBN, 18.636 jiwa dari segmen PBI APBD Provinsi, 9.336 jiwa dari segmen PBI APBD Kabupaten, 7.591 jiwa dari Pekerja Penerima Upah, 1.031 jiwa dari segmen Peserta Bukan Penerima Upah, dan 388 jiwa dari segmen Bukan Pekerja.

Bupati Nias Barat menyampaikan, angka ini patut diapresiasi dan harus dipertahankan.

“Kita patut mengapresiasi capaian ini. Hasil ini merupakan upaya dan kerja keras kita bersama sebagai Pemerintah Daerah Nias Barat. Untuk itu, saya mengimbau, agar capaian tersebut dapat kita pertahankan, bahkan kita tingkatnya. Data yang kami terima, ada 3.60% penduduk Nias Barat atau 3.432 jiwa penduduk yang belum terdaftar menjadi peserta JKN-KIS. Kami berharap masyarakat yang belum terdaftar dapat segera mendaftarkan diri beserta keluarga, sehingga memiliki jaminan kesehatan,” tuturnya Bupati.

Faduhusi juga mengajak Camat se-Kabupaten Nias Barat untuk tetap mendukung program JKN-KIS dengan memberikan informasi langsung kepada masyarakat melalui prangkat desa tentang pentingnya menjadi peserta JKN-KIS.

Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Nias Barat, Chandra Dewi Sianturi meyampaikan terima kasih kepada Bupati Nias  Barat, yang mendukung terselenggaranya program JKN-KIS yang berkualitas di Kabupaten Nias Barat. Ia juga menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemerintah Daerah yang berkomitmen mencapai dan mempertahankan capaian UHC JKN-KIS.

“Dukungan ini sangat penting dan berharga bagi kami dalam menjalankan roda program JKN-KIS. Kami berharap, dukungan dari Bupati dan Camat se-Kabupaten Nias Barat dapat kita realisasikan segera pada setiap kebijakan yang mendongkrak peningkatan mutu kualitas program JKN-KIS,” ucap Chandra.

Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Nias Barat itu juga menambahkan, bahwa berdasarkan data saat ini, Kabupaten Nias Barat telah mencapai Universal Health Coverage (UHC).

Pihaknya berharap dengan keluarnya SK Kemensos nomor 79 Tahun 2019, tentang Penonaktifan dan Perubahan Data Peserta PBI Jaminan Kesehatan Tahun 2019, tidak menjadi penghambat bagi tercapaikan UHC di Kabupaten Nias Barat.

“Kami berharap dukungan pemerintah Daerah Nias Barat tidak surut, sehingga taraf kesehatan masyarakat di Kabupaten Nias Barat terus mengalami peningkata,” tandasnya. (Albert)

Comment

Rekomendasi untuk Anda