by

Kemenpan RB Apresiasi Pemerintah Kabupaten Nias Atas Terselenggaranya LIPD

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB) menyampaikan apresiasi Kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Nias yang telah melaksanakan Lomba Inovasi Perangkat Daerah (LIPD).

Hal ini disampaikan Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB Sri Hartini saat menghadiri acara pembukaan kegiatan Proposal Rancangan Inovasi Perangkat Daerah bertempat di ruang rapat lantai I Kantor Bupati Nias, Rabu (25/9).

Pada sambutannya, Sri Hartini menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Nias.

“Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen implementasi gerakan One Agency One Innovation yang merupakan bentuk dukungan dan dorongan dalam percepatan birokrasi, sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Menpan RB Nomor 30 Tahun 2014 tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik, untuk itu Kemenpan RB memberikan apresiasi sebesar-sebesarnya kepada Pemerintah Kabupaten Nias yang melaksanakan kegiatan LIPD,” ucap Sri Hartini.

Lebih lanjut Sri Hartini menyampaikan bahwa kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Nasional merupakan strategi untuk memunculkan inovasi sebagai upaya pengembangan best practices bagi kementerian/lembaga dan Pemerintah Daerah dalam melakukan percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Pada dasarnya Pelayanan Publik memiliki 5 (lima) kriteria yaitu unsur kabauran/novelty, unsur efektif, unsur bermanfaat, dan unsur transferability dan unsur berkelanjutan.

Untuk itu Kemenpan RB berharap hasil Lomba Inovasi Perangkat Daerah ini agar diajukan pada kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Nasional Tahun 2020 dan kompetesi pada tahun-tahun berikutnya.

“Sebagai apresiasi bagi Pemerintah Daerah yang terbukti berprestasi dalam peningkatan kualitas pelayanan publiknya, kami telah bekerjasama dan sepakat untuk memberikan alokasi Dana Insentif Daerah (DID) dengan Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Perimbangan Keuanagan,” ucapnya mengakhiri.

Dari informasi yang dilaporkan panitia bahwa jumlah perserta Lomba Inovasi dari 35 Perangkat Daerah yang ikut pada lomba inovasi daerah dari 39 proposal yang dipersentasikan oleh seluruh peserta lomba. (Albert)

Comment

Rekomendasi Berita