by

Toyota Ciptakan Century Cabriolet, Hanya Untuk Kaisar Jepang

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Untuk merayakan Kekaisaran Jepang yang baru, Toyota suguhkan sebuah Century beratap terbuka. Flagship Toyota ini, sengaja dibuat sebagai mobil parade baru era Reiwa, menggantikan Rolls Royce Corniche III. Tugas pertamanya mengantar kaisar berparade, saat penobatan tahta yang dihelat 22 Oktober.

Drop top mewah Toyota diberi nama “Royal Parade Car”. Mengantar Kaisar Naruhito mengawali era Reiwa, dalam paradenya dari Istana Kekaisaran menuju Istana Akasaka melalui jalanan Tokyo. Seremoni ini nantinya dihadiri pejabat tinggi dan utusan dari 190 negara.

Melansir dari laman Japanesenostalgiccar.com, versi cabriolet merupakan hasil ubahan dari generasi terakhir Toyota Century. Artinya memiliki detil yang serupa, mulai dari emblem yang diukir dengan tangan, hingga teknik pengecatan tujuh tahap yang melalui tiga kali proses wet-sanding. Perbedaannya terletak pada kursi belakang. Posisi bangku lebih tinggi 4 cm dengan sandaran yang dibuat paten bersudut 25 derajat. Tujuannya, agar pandangan menuju sang kaisar tidak terhalang iring-iringan lainnya.

Toyota Century, sebuah sedan empat pintu karya agung Toyota, yang secara eksklusif dijual di Jepang. Mempertahankan gaya orisinal bagaikan sebuah tradisi. Hanya terdapat tiga perubahan signifikan selama 50 tahun. Penjualannya pun dibatasi 50 unit per bulan. Lazim digunakan sebagai mobil para petinggi Jepang, juga bos-bos perusahaan besar.

toyota century

Desain utama memadukan dua tema, Legacy dan Evolution. Ciri utama bergaya ‘kuno’ masih terlihat jelas di sekujur tubuhnya. Sisi modern diadaptasikan sesuai identitas awal. Contohnya, elemen kromium yang mengelilingi seluruh bagian terbawah bodi menggantikan kehadiran bumper besi.

Interior flagship Toyota ini, dibuat untuk menghadirkan suasana hotel bintang lima. Panel kayu premium menghiasi berbagai sudut, serta material fabric yang eksklusif membalut jok dan doortrim. Fitur kenyamanan hadir dalam bentuk sound system dengan 20 speaker dan kursi yang dapat memijat. Tirai dan AC dapat dikontrol melalui layar sentuh 11.6 inci di konsol tengah bagian belakang.

Generasi teranyar Century mengusung jantung mekanis V8 hybrid berkapasitas 5 liter, yang sanggup gelontorkan tenaga 425 hp. Mesinnya serupa dengan Lexus RC F dan LC 500. Toyota, untuk pertama kalinya memadukan V8 dengan sistem hybrid pada model ini.

Varian Convertible tidak diciptakan untuk publik. Khusus dibuat sebagai mobil parade. Setelah selesai berparade, ia dipajang di berbagai istana seputaran Tokyo dan Kyoto. Mobil spesial ini juga digunakan untuk event seperti 2020 Tokyo Olympic. Ia menjadi mobil parade baru keluarga kaisar, menggantikan 1990 Rolls Royce Corniche III yang hanya dua kali dipakai. (Krm/Odi)

Sumber: oto.com/Japanesenostalgiccar.com

Comment

Rekomendasi untuk Anda