by

Abul Fata Miftah Murod, Lc: Islam Tak Akan Pernah Kehabisan Pembelanya

-Opini-182 views

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – PASTI akan senantiasa ada kelompok yang memperjuangkan kebenaran atau ajaran Islam dan menumbangkan segala bentuk kebatilan dan kesesatan. Bukan hanya satu atau dua tahun, akan tetapi senantiasa ada hingga hari kiamat.

Semua gangguan dan rintangan yang datang dari siapa saja tidak akan membuat mereka mundur sedikitpun.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda,

لَا تَزَالُ طَائِفَةٌ مِنْ أُمَّتِي ظَاهِرِينَ عَلَى الْحَقِّ، لَا يَضُرُّهُمْ مَنْ خَذَلَهُمْ وَلَا مَنْ خالفهم إلى يوم الْقِيَامَةِ

“Pasti senantiasa ada segolongan umatku yang memperjuang­kan kebenaran, tiada membahayakan mereka orang-orang yang menghina mereka dan tiada pula orang-orang yang menentang mereka sampai hari kiamat. ” (HR. Muslim)

Di setiap seratus tahun, Islam pasti akan jaya kembali dengan munculnya sosok pejuang tangguh yang akan memperbaiki semua keterpurukan dan segala bentuk kesesatan di tubuh umat Islam.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda,

إِنَّ اللهَ يَبْعَثُ لِهَذِهِ اْلأُمَّةِ عَلَى رَأْسِ كُلِّ مِائَةِ سَنَةٍ مَنْ يُجَدِّدُ لَهَا دِيْنَهَا

“Allah senantiasa akan memunculkan untuk umat ini pada setiap kurun waktu seratus tahun, pembaharu (pejuang kemurnian) yang akan memperbaharui agama mereka (memperbaiki segala bentuk keterpurukan dan kesesatan).” (HR. Abu Daud)

Untuk saat inipun jika pejuang-pejuang Islam sudah tidak sanggup berjuang lagi dan umat Islam pun mulai meninggalkan ajaran Islam maka Allah pasti akan mendatangkan kembali orang-orang yang jauh lebih baik dan tangguh dari mereka.

Allah berfirman,

وَإِنْ تَتَوَلَّوْا يَسْتَبْدِلْ قَوْمًا غَيْرَكُمْ ثُمَّ لَا يَكُونُوا أَمْثَالَكُمْ

“Dan jika kalian berpaling, niscaya Dia akan mengganti kalian dengan kaum yang lain, dan mereka tidak akan seperti kalian ini. ” (QS. Muhammad: 38)

Allah juga berfirman,

إِنْ يَشَأْ يُذْهِبْكُمْ أَيُّهَا النَّاسُ وَيَأْتِ بِآخَرِينَ

“Jika Allah menghendaki, niscaya Dia musnahkan kalian, wahai manusia, dan Dia datangkan umat yang lain sebagai pengganti kalian. ” (QS. An-Nisa: 133)

إِنْ يَشَأْ يُذْهِبْكُمْ وَيَأْتِ بِخَلْقٍ جَدِيدٍ. وَمَا ذَلِكَ عَلَى اللَّهِ بِعَزِيزٍ

“Jika Dia menghendaki, niscaya Dia membinasakan kalian dan mengganti kalian dengan makhluk yang baru, dan yang demikian itu sekali-kali tidak sulit bagi Allah.” (QS. Ibrahim: 19-20)

“Bahkan mereka adalah orang-orang yang tunduk patuh kepada-Nya dan taat kepada perintah-perintah-Nya.” [Lihat Tafsir Ibnu Katsir]

Sekalipun manusia meninggalkan agama atau syariat Islam alias murtad, pasti Allah mendatangkan kembali kaum yang jauh lebih baik dan lebih kokoh dalam beragama Islam dan mempertahankan ajaran Islam.

Allah berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا مَنْ يَرْتَدَّ مِنْكُمْ عَنْ دِينِهِ فَسَوْفَ يَأْتِي اللَّهُ بِقَوْمٍ يُحِبُّهُمْ وَيُحِبُّونَهُ أَذِلَّةٍ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ أَعِزَّةٍ عَلَى الْكَافِرِينَ يُجَاهِدُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا يَخَافُونَ لَوْمَةَ لَائِمٍ ذَلِكَ فَضْلُ اللَّهِ يُؤْتِيهِ مَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ.

“Hai orang-orang yang beriman, barang siapa di antara kalian yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan mereka pun mencintai-Nya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang-orang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad di jalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui. ”
(QS. Al-Maidah: 54)

“Allah berfirman menceritakan tentang kekuasaan-Nya Yang Maha Besar, bahwa barang siapa yang memalingkan diri tidak mau menolong agama Allah dan menegakkan syariat-Nya, sesungguhnya Allah akan menggantikannya dengan kaum yang lebih baik daripadanya, lebih keras pertahanannya serta lebih lurus jalannya. ” [Lihat Tafsir Ibnu Katsir]

Dari ayat ini juga bisa diambil kesimpulan bahwa ciri kaum yang akan mempertahankan agama Islam adalah mereka mencintai Allah dan Allah pun mencintai mereka karena mereka sangat komitmen terhadap perintah Allah dan Rasul-Nya, mereka memiliki sifat kasih sayang terhadap umat Islam dan tegas terhadap orang-orang kafir alias tidak bermesraan dan bersekongkol dengan orang-orang kafir dalam perkara agama, mereka berjihad dan berjuang di jalan Allah dan mereka tidak pernah takut dari segala bentuk ancaman dan gangguan dari siapapun.

Semoga Allah senantiasa menjaga agama Islam dan para pembelanya.*

Sumber

Comment

Rekomendasi Berita