by

Diterpa Isu Akreditasi, Pihak Kampus STIE Pembnas Nias Angkat Bicara, Berikut Penjelasan Fatolosa

-Daerah-1,948 views

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Sejumlah mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan Nasional (STIE Pembnas) Nias menuntut kejelasan akreditasi kampus yang baru-baru ini heboh menjadi perbincangan hangat dikalangan netizen.

Dari postingan surat yang diduga dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten Nias Utara Badan Kepegawaian Daerah dengan Nomor : 800/3364/4-BKD/2019 pada poin 1 (satu) ditulisakan “Dengan hormat, berdasarkan surat Kopertis I Wilayah Nomor: 8/464/L1.2.1/KB.06.02/2019 tanggal 16 Oktober 2019 perihal mohon penjelasan, maka diberitahukan bahwa program studi manajemen pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan Nias program sarjana (S1) terakreditasi “C”, sedangkan prodi akuntansi program diploma 3 vokasi, dan prodi manajemen perusahaan program diploma 3 vokasi tidak terakreditasi”.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa, Viktor Zendrato mengungkapkan jika pihaknya telah mendesak pihak lembaga kampus.

“Kita telah mendesak lembaga memberi penjelasan terkait turunnya akreditasi manajemen maupun akuntansi kemudian mendesak lembaga agar segera melengkapi persyaratan reg-akreditasi agar tidak menjadi hambatan bagi mahasiswa,” jelas Ketua BEM STIE itu.

Lebih lanjut mahasiswa STIE semester 7 tersebut mengaku sudah menyampaikan beberapa item yang menjadi sikap mereka sebagai mahasiswa.

“15 item sikap telah disampaikan kepada lembaga dan salahsatunya sore tadi melakukan mimbar kampus guna menyampaikan kepada mahasiswa langkah dan penyebab turunnya akreditasi tersebut,” ucapnya.

Ketua STIE, Fatolosa Hulu didampingi unsur pimpinan kampus menjelaskan status akreditasi STIE Pembnas Nias di depan mahasiswa.

“Pada bulan Mei atau Juni telah diadakan akreditasi institusi dan yang dinilai adalah prodi S1, prodi D3 dan seluruh yang berkaitan dengan penyelenggaraan pendidikan di STIE Pembangunan, artinya sesuai ketentuan kalau sebuah perguruan tinggi bermasalah maka BAN-PT tidak melakukan akreditasi pada perguruan tinggi,” jelas Fatolosa.

Fatolosa mengaku jika pihak kampus sudah berusaha untuk melengkapi semua syarat untuk menjadikan STIE Pembnas Nias berstatus akreditasi “B”.

“Sudah disampaikan hasil akreditasi institusi tersebut dengan nilai “C” dengan skor 280. Ini adalah ketentuan dari pemerintah yang mengatakan maksimal pada tahun 2019 institusi harus sudah akreditasi dan kita telah memenuhi itu, institusi telah terakreditasi. Legalitas kampus sejauh ini tidak ada masalah. Ada 6000 program studi yang sedang menunggu di visitasi, kami pastikan kita akan berjuang untuk meraih kembali akreditasi B,” ucapnya dihadapan para mahasiswa.

Orang nomor satu di Kampus STIE itu juga menanggapi cuitan BKD Nias Utara.

“Terkait surat yang disampaikan oleh Kepala BKD Nias Utara, secara pribadi saya tidak terima karena seharusnya mereka melakukan koordinasi. Tidak ada haknya suatu institusi menghakimi institusi lain,” tutur Fatolosa. (Albert)

Comment

Rekomendasi Berita