by

Berikan Pelayanan Berkualitas, Camat Hiliserangkai Ungkap Inovasi Terbarunya

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Setiap masyarakat berhak mendapatkan pelayanan publik yang berkualitas. Untuk mendorong terciptanya inovasi pelayanan publik yang berkualitas tersebut, Pemerintah Kecamatan Hiliserangkai, Kabupaten Nias berikan pelayanan kepada masyarakat dengan nama “kolaBorasI HAri selaSA” (BIHASA).

Kepada awak media ini, Camat Hiliserangkai Sokhiziduhu Gulo mengungkapkan dasar pihaknya melakukan inovasi tersebut, Rabu (27/11).

“Setiap hari Selasa bertepatan dengan Hari Pekan di Ibukota Kecamatan Hiliserangkai, Desa Dahadano Botombawo. Hal ini kita rasa dapat mempermudah masyarakat Kecamatan Hiliserangkai dihari dan tempat yang sama dalam pengurusan administrasi, kesehatan, penyuluhan dari sisi pertanian, program-program sosial seperti PKH, Rastra, KIP, KIS, penyuluhan KB dan BPJS,” ungkap Camat.

Ia menambahkan, Inovasi BIHASA dapat mempercepat alur pelayanan kepada masyarakat.

“Target kita pada Inovasi BIHASA ini adalah untuk mempercepat alur pelayanan, adanya keterpaduan pelayanan antar unit kerja yang ada di Kecamatan Hiliserangkai, terpenuhinya kebutuhan masyarakat sesuai dengan tupoksi Pemerintah Kecamatan,” jelasnya.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kecamatan Hiliserangkai itu menjelaskan manfaat yang bisa didapatkan.

“Adapun manfaat bagi internal kami yaitu menjadi bahan kebijakan pimpinan dalam mengatasi masalah pelayanan prima kepada masyarakat secara menyeluruh dari segala segi, menambah atau meningkatkan capaian persentase pelayanan, mengoptimalkan kolaborasi antar unit kerja yang ada di wilayah Kecamatan Hiliserangkai dan meningkatkan akuntabilitas Aparatur Negara dalam mencapai target penilaian kinerja,” bebernya.

“Selain itu, adapun manfaat bagi eksternal yaitu terjalin hubungan yang lebih erat antara Aparatur Negara di wilayah Kecamatan Hiliserangkai dengan masyarakat, memudahkan penyelesaian segala permasalahan baik dari sisi Pemerintahan, Kesehatan, Pendidikan dan sosial, merubah anggapan negatif masyarakat terkait pelayanan pemerintah selama ini dan terjalinnya kerjasama lintas sektor lebih bersinergi,” ungkap Camat lebih lanjut.

Dari informasi yang kami himpun, Tim Penilai Lomba Inovasi Perangkat Daerah (LIPD) telah berkunjung di Kantor Camat Hiliserangkai pada Selasa (26/11) yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Firman Yanus Larosa. (Albert)

Comment

Rekomendasi Berita