by

Bertekad Majukan Wisata Bulukumba, Nurdin Abdullah Tinjau Bira dan Mandala Ria

RADATINDONESIANEWS.COM, SULSEL – Destinasi wisata berkualitas internasional menjadi salah satu program prioritas Prof. Andalan (Prof. Nurdin Abdullah – Andi Sudirman Sulaiman). Untuk memastikan pembangunan objek wisata tersebut berjalan optimal, Gubernur Nurdin Abdullah melakukan kunjungan langsung ke dua objek wisata potensial di kabupaten Bulukumba pada Senin, 11 November 2019.

Tiba di Kabupaten Bulukumba, Gubernur Nurdin langsung menuju Tanjung Bira. Di sini, Ia disambut oleh Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali dan Kadis Pariwisata Bulukumba Ali Saleng.

“Saya bilang Bira ini dari sisi keindahan alam tidak ada yang kalah. Kelemahan kita tadi adalah kebutuhan dasar para pengunjung,” ungkap Nurdin Abdullah.

Di Tanjung Bira, Nurdin melihat proses pengaspalan jalan yng tengah berlangsung di sepanjang jalan masuk ke Tanjung Bira. Selain memperbaiki akses jalan, kawasan Tanjung Bira juga akan dibangun kawasan Pedestrian bertaraf intenasional. Perjalanan Nurdin Abdullah dilanjutkan ke Mess Baruga Pemprov Sulsel. Di sini, Nurdin mengungkapkan gagasannya untuk membangun perparkiran yang memadai.

“Tempat parkir menjadi kebutuhan, jadi sudah ada tempat parkir lebih nyaman, terus toilet yang ada di situ, pasar seninya ada,” sebutnya.

Nurdin dan Sukri juga berbincang terkait rencana pengelolaan aset Pemprov-Pemda yang ada di lokasi tersebut.

Selanjutnya, Gubernur beserta rombongan menuju ke Pantai Mandala Ria, Desa Ara, Lembanna, Kecamatan Bonto Bahari. Desa ini merupakan pusat pembuatan kapal Pinisi yang merupakan Warisan Budaya Tak Benda Dunia yang ditetapkan Unesco pada 7 Desember 2017 di Korea Selatan. Pantainya berpasir putih.

Gubernur Sulsel sendiri ingin agar tempat ini menjadi pusat wisata unggulan di Sulsel menjadi pusat kawasan pembuatan kapal Pinisi.

“Ini juga akan kita percantik, ini akan kita jadikan pusat kawasan pembuatan Pinisi, jadi nanti kita tidak malu, kalau sudah ke sini,” sebut Nurdin Abdullah.

Sementara itu, Sukri Sappewali mengapresiasi langkah Gubernur untuk melakukan peninjauan dan memberikan arahan.

“Terima kasih atas kunjungan Pak Gubernur ke Kabupaten Bulukumba ini, dan bagi saya seperti sidak, karena tidak ada pemberitahuan, kami pun tidak terlalu siap. Tapi yang paling penting beliau mau melihat perkembangan pariwisata di Bira ini,” ucapnya. (Umar)

Comment

Rekomendasi Berita