by

Inspektur Daerah Kabupaten Nias Jadi Narasumber Kegiatan SPIP

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Plt. Inspektur Daerah Kabupaten Nias, Andhika Perdana Laoly menjadi pembicara pada bimbingan teknis peningkatan maturitas penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) menuju level III (tiga).

Kegiatan yang berlangsung di ruang rapat serbaguna Kantor Bupati Nias lantai III, Rabu (27/11), dihadiri para Kasubbag Program se-Kabupaten Nias dan para pegawai yang menangani SPIP.

Menurut Andhika, SPIP adalah sistem pengendalian Internal Pemerintah.

“SPIP merupakan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah, dimana output keberhasilannya adalah Efektifitas dan efisiensi; Pengamanan Aset; Pelaporan Keuangan; serta Ketaatan pada Peraturan,” jelasnya.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut merupakan bentuk keseriusan Inspektorat Kabupaten Nias dalam menaikkan maturitas SPIP.

“Kegiatan ini merupakan lanjutan dari Coaching Clinic di BPKP Perwakilan Propinsi Sumatera Utara, Medan.
Inilah salah satu langkah yang dilakukan oleh Inspektorat Daerah Kabupaten Nias untuk naik level, yang sebelumnya level 2, menjadi Level 3,” ungkap Andhika.

Sebelum mengakhiri penyampaiannya, Plt. Inspektur Daerah Kabupaten Nias itu berharap Kabupaten Nias nantinya dapat naik level.

“Tentu kita berharap, melalui bimtek ini nantinya Pemerintah Kabupaten Nias dapat naik level 3 serta OPD dapat menerapkan Sistem Pengendalian Internal (SPI) yakni mengidentifikasi resiko dan analisis resiko pada setiap kegiatan di OPD sehingga dapat meminimalisir pelanggaran,” harap Inspektur muda Kabupaten Nias itu.

Pada bimtek tersebut, hadir juga narasumber dari BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Utara yang sekaligus melakukan pendampingan. (Albert)

Comment

Rekomendasi Berita