by

Sekda Kabupaten Nias Buka Sosialisasi Pencegahan dan Pengurangan Risiko Bencana

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Mewakili Bupati Nias, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, Firman Yanus Larosa membuka secara resmi Sosialisasi Pencegahan dan Pengurangan Risiko Bencana di Kabupaten Nias bertempat di Gedung Serbaguna Desa Bozihona, Kecamatan Idanogawo, Kabupaten Nias, Selasa (19/11).

“Pada kegiatan sosialisasi pencegahan dan pengurangan risiko bencana di Kabupaten Nias sangat penting bagi kita semua dimana selama ini selalu mengabaikan yang dikatakan apa itu bencana,” ucap Firman mengawali arahan dan bimbingan Bupati Nias.

Sekda menjelaskan jika bahaya geologis dan bencana hidrometeorologi sangat rawan terjadi.

“Salah satu ancaman yang nyata di Indonesia adalah bahaya geologis berupa gempa bumi dan tsunami dalam skala besar. Kejadian bencana ini relatif tidak terlalu sering terjadi dibandingkan dengan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor,” jelasnya.

Menurutnya, perencanaan tata ruang dan perencanaan pembangunan kurang memperhatikan risiko bencana.

“Kurangnya kemampuan dalam mengantisipasi bencana dapat terlihat dari belum optimalnya perencanaan tata ruang dan perencanaan pembangunan yang kurang memperhatikan risiko bencana. Minimnya fasilitas-fasilitas jalur evakuasi dan tempat evakuasi,” tuturnya.

Firman menambahkan, terjadinya gempa bumi pada 2005 di Nias telah merubah paradigma pemerintah.

“Pemerintah telah mengubah paradigma manajemen penanggulangan bencana dari yang bersifat tanggap darurat menjadi paradigma pencegahan dan kesiapsiagaan serta pengurangan risiko bencana,” ungkapnya.

Diakhir penyampaiannya, Firman berharap peserta sosialisasi dapat menjadi embrio bagi masyarakat lainnya.

“Saya mengharapkan peserta sosialisasi dapat menjadi embrio untuk menyebarluaskan pengetahuan yang telah diterima kepada keluarga, tetangga dan kepada orang lain sehingga seluruh masyarakat Kabupaten Nias mampu mengetahui siap untuk selamat menghadapi bencana,” tutupnya.

Adapun yang menjadi narasumber pada kegiatan sosialisasi tersebut yaitu Kasat Polisi Pamong Praja Kabupaten Nias dan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Nias. (Albert)

Comment

Rekomendasi Berita