by

Ummu Azka: Rasulullah Adalah Pahlawan Sejati

-Opini-56 views

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Belum lama ini kita memperingati hari pahlawan. masih lekat dalam ingatan tentang seberapa besar jasa para pahlawan kita. Berjuang mengorbankan seluruh jiwa, raga dan harta, demi sebuah kemerdekaan , para pahlawan emang layak kita acungi empat jempol. Ditiru semangatnya, berjuang untuk kebaikan.

Bicara tentang pahlawan, pasti kamu setuju bahwa pahlawan adalah sosok yang luar biasa jasanya. Membebaskan manusia dari situasi penjajahan kepada kondisi kemerdekaan.

Banyak sekali nama pahlawan yang berjejer dalam ingatan. Namun pernahkah kita berpikir, bahwa ada seseorang yang luar biasa menjadi pahlawan bagi seluruh manusia khususnya umat Islam?

Dialah Muhammad Rasulullah Saw. Keistimewaan yang dimiliki terlihat sejak lahir. Langit Mekkah bercahaya, padahal saat itu sedang terjadi penyerbuan Ka’bah oleh pasukan bergajah yang dipimpin oleh raja Abrahah.
Masa kecilnya pun membawa berkah, hal itu terlihat dari subur dan makmurnya sang ibu susu Rasulullah Saw, Halimah Assa’diyah. Hewan peliharaan milik Halimah bisa tumbuh besar dan menghasilkan susu yang melimpah, meskipun pada saat itu sedang musim kemarau. Kemudahan demi kemudahan pun dirasakan keluarga Halimah, hingga beliau yakin, Muhammad yang menjadi wasilah semua kebaikan.

Semenjak remaja hingga dewasa, Muhammad Rasulullah Saw menjadi pribadi yang mempesona. Akhlaq yang mulia serta kejujuran menjadi tanda bahwa Muhammad adalah bukanlah orang biasa.

Hingga saat Allah memilihnya menjadi pengemban Risalah Islam, Muhammad Rasulullah Saw dengan berani mengajak masyarakat yang kala itu hidup dalam kejahiliyahan. Kemaksiatan yang marak dilakukan seperti mengubur bayi perempuan hidup-hidup, mabuk dan berjudi menjadi kebiasaan sehari-hari penduduk Mekkah saat itu.

Cinta dunia dan takut kehilangannya adalah salah satu yang membuat para Kadir Quraisy menolak
ajakan Rasulullah untuk menyembah hanya kepada Allah.

Perjuangan Rasulullah Saw saat berdakwah, tak sekedar makian dalam kata. Berbagai bentuk siksaan fisik bahkan percobaan pembunuhan beliau hadapi demi mengemban amanah menyebarkan Islam.

Melalui bantuan para sahabat dekatnya yang mula-mula masuk Islam, Rasulullah meluaskan sayap dakwah hingga ke beberapa tempat di luar Makkah. Hingga akhirnya pertolongan Allah pun tiba, Masyarakat Madinah suka cita menyambut Islam. Yatsrib (Madinah) pula yang menjadi tonggak awal bagi Islam diterapkan secara kaffah dalam semua aspek kehidupan.

Perjuangan Rasulullah menyebarkan risalah Islam, telah membawa pengaruh besar bagi kehidupan umat manusia. Kebodohan manusia yang kala itu terjebak dalam penggambaran kepada dunia dan kenikmatannya, berhasil dihilangkan oleh Islam sebagai pembebas.

Islam juga yang membawa manusia pada kesetaraan hak dan kewajiban, saat banyak sekali pertentangan dan konflik yang mengatasnamakan kesukuan.
Karena Islam yang dibawa Rasulullah Saw, wanita bisa mulia. Memiliki hak dan kewajiban setara di hadapan Allah, serta diberikan kesempatan untuk dapat melakukan peran keibuannya secara nyaman dan terhormat.

Menjadi penegas antara hak dan bathil, kehadiran Islam telah terbukti membawa kemaslahatan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. 13 abad dalam kekuasaan Islam telah membawa pengaruh besar bagi peradaban manusia. Saat itulah para ilmuwan dengan segala penemuannya lahir. Para Ulama hadir dengan karya yang hingga saat ini menjadi rujukan umat.

Jelas sudah keberadaan Rasulullah Saw sebagai pahlawan sejati, perjuangannya dalam berdakwah, berhasil membawa manusia menuju kemerdekaan hakiki yakni, terbebas dari penghambaan kepada selain Allah. Wallahu alam bishshowab.[]

Comment

Rekomendasi Berita