by

Ya’ahowu Nias Festival 2019 Resmi Dibuka, Wakil Bupati Nias Hadir

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS BARAT – Event Ya’ahowu Nias Festival (YNF) Tahun 2019 resmi dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara yang diwakili Kadis Pariwisata Provinsi Sumatera Utara Ria Nofida Telaumbanua, Sabtu (16/11), bertempat di lapangan bola kaki Tetesua, Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat.

Acara diawali dengan Pawai Karnaval dari halaman Gereja ONKP Tetesua menuju lokasi pembukaan event YNF yang ikuti oleh para kontingen lima Kabupaten/Kota se-Kepulauan Nias bersama para undangan.

Dilokasi acara Tarian Maola Fame’e Afo dari sanggar sanggar Budaya Aekhula Nias Barat dan Lagu Tano Niha Banua Somasido bergemuruh menyambut kedatangan para tamu undangan.

Dalam laporannya, Ketum Panitia YNF 2019, Khenoki Waruwu yang juga Wakil Bupati Nias Barat menjelaskan maksud dan tujuan pelaksanaan YNF se-Kepulauan Nias.

“Memperkenalkan budaya dan seni yang dimiliki oleh Kabupaten/Kota se-Kepulauan Nias serta mempertunjukan berbagai jenis kegiatan dalam upaya memacu meningkatnya kunjungan para wisatawan domestik dan manca negara serta mendorong peningkatan perekonomian dan taraf hidup masyarakat Pulau Nias,” jelasnya.

“Adapun beberapa jenis kegiatan yang akan dilaksanakan pada YNF ini diantaranya : Pagelaran seni dan budaya yang dimiliki oleh masing-masing Kabupaten/Kota di Kepulauan Nias; Yaahowu Nias Karnaval dalam mengangkat Nilai seni dan budaya; Pameran hasil produk dan kuliner; Pemilihan Putri Pariwisata Kepulauan Nias dan beberapa jenis lomba dan festival atraksi serta pertunjukkan Maena kolosal 500 orang peserta,” lapor lebih lanjut Ketua Panitia.

Ditempat yang sama, Bupati Nias Barat Faduhusi Daely pada sambutannya menyapa seluruh hadirin dan undangan yang berkenan hadir dalam Pesta Budaya Pesona Aekhula Ya’ahowu Nias Festival.

“Kerinduan kita sebenarnya adalah kehadiran Gubernur Sumatera Utara dan Menteri Kabinet Indonesia Maju, namun tidak mengurangi semangat ketika Kadis Pariwisata Sumut yang adalah Putri terbaik Pulau Nias yang kita banggakan yakni Ria Nofida Telaumbanua dan Fitri Rusianty yang mewakili Kementrian Pariwisata RI yang dapat membawa harapan baru bagi Kepulauan Nias,” tutur Bupati.

Dalam sambutan Gubernur Sumut yang disampaikan Ria Nofida Telaumbanua mengatakan Ya’ahowu Nias Festival (YNF) ini merupakan Calendar of Events (CoE) Nasional sebagai perwujudan visi dan misi pemerintah pusat. Tahun 2021 nanti Sumatera Utara terpilih sebagai tuan rumah Sidang Umum (General Assembly) ke-10 Tourism Promotion Organization (TPO) for Asia Pacific Cities yang akan digelar di Sumatera Utara (Sumut) pada November 2021. Diperkirakan sebanyak 1.500 pejabat dari 16 negara akan mengunjungi Sumatera Utara.

“Pulau Nias dan Nias Barat pada khususnya benar memiliki potensi yang luar biasa terutama dibidang seni dan budaya. Oleh karena itu, merupakan kewajiban kita dalam membangun dan mengembangkan budaya leluhur yang didalamnya mengandung banyak sejarah yang membuat setiap pengunjung terkagum-kagum olehnya,” ucanya.

Sebelum mengakhiri sambutan Gubernur, Ria Nofida Telaumbanua membuka dengan resmi event Ya’ahowu Nias Festival yang ditandai dengan pemukulan gong. (Albert)

Comment

Rekomendasi Berita