by

PASAR RAiA Bersama Ibu Ibukota Ajak Masyarakat Lakukan #AksiHidupBaik #SedariRumah

-Metro-40 views

RADARINDONESIAMEWS.COM, JAKARTA – PASAR RAiA bersama Ibu Ibukota resmi digelar pada 30 November – 1 Desember 2019 di Ruang Terbuka Hijau (RTH) publik Taman Suropati, Menteng. PASAR RAiA merupakan acara penggalangan dana untuk keperluan pendidikan anak-anak Indonesia yang dikemas dalam konsep garage sale produk fashion.

Tahun ini, acara terselenggara berkat kolaborasi antara Ibu Ibukota, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta, Komunitas Sadari Sedari dan dukungan oleh Pemprov DKI Jakarta.

“Kami memilih Sadari Sedari sebagai teman berkolaborasi dalam rangkaian acara menuju Ibu Ibukota Awards yang Ke-3. Masih mengangkat tema #AksiHidupBaik, melalui acara ini kami ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa nilai-nilai baik perlu ditanamkan dan diajarkan sedini mungkin #SedariRumah. Sehingga kedepannya anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang bertanggung jawab dengan setiap keputusan yang diambil, salah satunya dalam memilih dan membeli barang-barang fashion ataupun kebutuhan sehari-hari,” ujar Fery Farhati, penggagas Ibu Ibukota Awards.

Lebih dari 8000 pakaian layak pakai dari tokoh masyarakat dan influencers juga dihadirkan dalam acara ini. Selain itu, digelar pula talk show yang dipandu oleh Zacky Hosen pada hari Sabtu bertema Sustainable Lifestyle dengan narasumber Mahariah Sandre (aktivis lingkungan Kepulauan Seribu dan salah satu Tim Seleksi Ibu Ibukota Awards 2019); Wilma Chrysanti (co-founder @labtanya dan @kotatanpasampah), dan talk show hari Minggu bertema Healthy Lifestyle dengan narasumber dr. Miranda Rachellina (dokter pelayanan Yayasan Kanker Indonesia DKI Jakarta); Kushandari Afranidewi (healthy food content creator).

Pengunjung juga berkesempatan untuk melakukan konsultasi kesehatan dan mendapatkan 200 voucher pemeriksaan Pap Smear Gratis yang dibagikan setiap harinya di booth YKI Jakarta. Pada hari Minggu, 1 Desember 2019 juga digelar pengumuman dan penyerahan hadiah Lomba Menulis dan Konten Kreatif Cerita Ibu Ibukota. Pemenang yang terpilih dari Kategori Artikel adalah Bayu Fitri Hutami, sebagai Juara 1; Herlina Syarifudin, sebagai Juara 2; Puput Tripeni Juniman, sebagai Juara 3; Ahmad Hilman Zulfahmi, sebagai Juara Favorit.
Pemenang untuk Kategori Konten Kreatif ialah @Novanendo sebagai Juara 1; @Liskafeby sebagai Juara 2; @Soupphiii sebagai Juara 3; @tika.ardianti sebagai Juara Favorit

Dalam acara ini, setiap pengunjung yang datang diharapkan menerapkan less waste and no plastic dengan membawa tas belanja dan botol minum sendiri, serta memilah ketika hendak membuang sampah.

Sebelumnya Ibu Ibukota Awards telah menggelar dua pra event yaitu kick off dan Pameran Kerajinan Anak pada Agustus lalu. Puncak acara Ibu Ibukota Awards 2019 sendiri akan diadakan pada tanggal 20 Desember 2019 mendatang. Acara akan diisi dengan pemberian apresiasi kepada 21 sosok Ibu Ibukota dan pertunjukan seni lainnya.

Tentang Ibu Ibukota Awards

Ibu Ibukota Awards hadir untuk memberikan apresiasi kepada sosok perempuan penggerak yang selama ini bekerja dalam sunyi untuk memastikan kebahagiaan keluarga-keluarga Ibukota. Ibu Ibukota Awards, adalah ajang yang diinisiasi oleh empat organisasi diantaranya: Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), Yayasan Kanker Indonesia (YKI), dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi DKI Jakarta.

Ibu Ibukota adalah gelar yang disematkan bagi sosok perempuan penggerak di DKI Jakarta. Mereka adalah penggerak yang melakukan #AksiHidupBaik dengan memberikan perhatian dalam bidang pemberdayaan kesejahteraan keluarga, kesehatan, pelestarian lingkungan, pengembangan kerajinan, dan pendidikan orang tua serta anak usia dini. Akan digelar pada 20 Desember 2019, Ibu Ibukota Awards ingin mengajak lebih banyak lagi masyarakat untuk menjadi sosok Ibu Ibukota dan ikut terlibat dalam menghadirkan sisi lain Jakarta yang humanis dan harmonis. [Fildzah]

Comment

Rekomendasi Berita