by

Alda Halimatu Sadiah*: Resolusi 2020, Impian Itu Tak Mustahil Kita Raih

-Berita-192 views

RADARINDONESIANEWS. COM, JAKARTA – Tak terasa tahun 2019 telah beberlalu dan kini kita jalani hidup di tahun 2020.

Memasuki gerbang tahun 2020 ini pasti banyak teman yang membuat dan menetapkan sebuah resolusi atau impian yang akan dicapai, semisal teman-teman ingin tahun ini hafal Qur’an 30 juz, mendapat IPK tinggi, istiqomah dalam dakwah atau bahkan ada yang mempunyai resolusi menikah di tahun ini.

Mempunyai impian itu tidak masalah selagi impian itu tidak mustahil untuk kita capai, namun terkadang banyak di antara kita yang hanya mempunyai impian tanpa tahu metode dan cara apa yang akan dipakai agar sampai pada impian itu.

Memiliki impian namun tak tahu bagaimana metode atau cara untuk mencapainya tak ubahnya dengan orang yang akan pergi ke suatu tempat namun tak tahu dengan apa dia ke tempat yang dituju.

Lebih celaka adalah tidak paham jalan mana yang harus ditempuh sehingga diapun tidak sampai ke tempat tujuan lantaran bingung tak kenal arah.

Teman-teman impian itu harus kita miliki agar hidup kita mempunyai peningkatan dan semakin banyak warna.

Setidaknya ada dua metode yang bisa kita pakai agar dipermudah mencapai impian kita:

Pertama, apapun resolusinya harus kita niatkan karena Allah, karena semua itu tergantung pada niat kita. Ketika kita sudah mempunyai niat karena Allah diikuti juga dengan cara yang benar.

Sebagai suatu contoh untuk mereka yang memiliki resolusi menikah di tahun ini, harus memahami cara pernikahan yang benar sesuai syariat melalui taaruf, khitbah baru kemudian melangkah ke aqdun nikah dan walimatul ursy bukan dengan berpacaran yang sudah jelas dilarang oleh syariat.

Kedua, perbaiki hubungan dengan orang tua. Kalian tentunya pernah mendengar hadist yang bunyinya, “Ridho Allah ridhonya orang tua, murka Allah murkanya Orang tua” (Hasan, At Tirmidzi : 1899, HR. Al Hakim :7249, At Thabrani dalam Al-Mu’jamal-Kabiir:14368).

Sebagai anak, apapun yang kita lakukan selama itu dalam hal kebaikan tentu harus berusaha membuat orang tua kita ridho.

Ketika orang tua kita ridho maka otomatis Allahpun ridho dengan apa yang kita lakukan dan insya Allah resolusi yang kita buatpun akan dimudahkan oleh Allah untuk mencapainya di waktu yang tepat.

Memperbaiki hubungan dengan orang tua itu bisa dengan sering membantu orang tua, bagi yang merantau sering-sering melihat orang tua atau berkomunikasi dan masih banyak lagi.

Bila resolusi di tahun 2019 belum tercapai bisa jadi penyebabnya karena kalian tidak memperbaiki hubungan dengan orang tua atau bisa jadi cuek atau mungkin gak peduli sama sekali.

Sekarang yang menjadi pertanyaan, sudahkah resolusi yang kita buat itu diniatkan semata-mata hanya untuk Allah? Dan sudahkah kita memperbaiki hubungan kita dengan orangtua, yang selalu mendoakan kita di setiap sujudnya??

Apapun resolusi itu, kita niatkan karena Allah dan mintalah ridho orangtua, karena di situlah kunci agar tercapai segala impian kita.

Semoga apapun resolusinya bisa tercapai di tahun ini dan selama proses resolusi itu teruslah mendekatkan diri kepada Allah SWT. Keep Hamasah, tetap semangat.

Sebagai sebuah reminder, teman teman, simak juga apa kata Walt Disney, “If you can dream it you can do it
” 

*Mahasiswi Pamulang

Comment

Rekomendasi Berita