by

Gelar Apel Siaga Di Mapolres Nias, Bupati Nias Hadir

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Bupati Nias hadiri Apel Siaga Bencana sekaligus mengecek pasukan dan sarana prasarana (Sarpras) mengantisipasi terhadap penanggulangan bencana alam, bertempat di halaman Mapolres Nias, Kamis (9/1).

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Nias AKBP Deni Kurniawan, S.I.K, MH membeberkan tujuan diadakannya apel siaga.

“Apel Siaga Bencana diselenggarakan diseluruh jajaran, ini bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personil dan peralatan pengamanan, soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan, serta menumbuhkan rasa aman bagi masyarakat dalam menghadapi bencana,” ujar Deni.

“Mengingat histori Kepulauan Nias yang sudah pernah mengalami bencana tsunami dan gempa pada tahun 2005 merupakan gempa bumi terkuat kedua di dunia sejak 1985 yang menyebabkan sedikitnya 638 orang meninggal dunia, 13.000 rumah rusak total, 24.000 rumah rusak berat dan sekitar 34.000 rumah rusak ringan, sebanyak 12 pelabuhan dan dermaga hancur, 403 jembatan rusak dan 1.066 Km jalan Kabupaten dan Provinsi hancur,” ucap lebih lanjut Kapolres Nias.

Deni menambahkan, melalui apel siaga sekaligus simulasi ini dapat menyikapi potensi dan situasi bencana.

“Melalui apel siaga dan simulasi ini dalam rangka membangun kesiapsiagaan, pengetahuan menjadi bahan mengetahui dan memahami konteks penanggulangan bencana. Salah satunya dengan pengetahuan mengenai langkah-langkah individu dalam menyikapi potensi dan situasi yang dapat mengarah terjadinya bencana,” imbuhnya.

Usai apel, Kapolres Nias bersama Bupati Nias mengecek kesiapan personil dan alat bantu keselamatan.

Reporter : Albert

Comment

Rekomendasi Berita