by

Ir. Novianti, M.Pd*: Hidden Movement

-Opini-236 views

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Istilah ini mungkin masih asing bagi orang tua padahal membangun kemampuan hidden movement sangat penting. Kemampuan ini adalah perkembangan dari hidden object.

Hidden object adalah kesadaran bahwa suatu benda tetap ada meski tak terlihat. Hidden movement memahamkan anak bahwa keberadaan suatu benda atau kejadian disebabkan adanya suatu proses yang tak mereka lihat.

Hidden movement adalah kebutuhan anak yang terlihat setelah bertanya apa ini, apa itu. Umumnya pertanyaan anak berlanjut kenapa, bagaimana.

Anak mulai berfikir kritis, tidak hanya bertanya tentang benda namun juga ingin mengetahui bagaimana proses keberadaannya.

Ia mulai berpikir bahwa ada sesuatu yang terjadi di balik adanya benda.

Ini menunjukkan kognitif anak berkembang. Anak memiliki rasa ingin tahu yang lebih besar terhadap lingkungannya, tidak sekedar nama melainkan juga asal dan proses kejadiannya.

Inilah fitrah yang ada pada setiap anak, fitrah agama dan fitrah belajar.

Pada dasarnya, setiap manusia memerlukan jawaban tentang dirinya, dari mana ia berasal, untuk apa ia hidup dan akan kemana setelah hidup di dunia.

Anak pun bertanya pertanyaan mendasar ini seperti adek bayi dari mana, apakah aku dulu dalam perut ibu, bagaimana caranya aku bisa ada dalam perut ibu, bagaimana aku lahir ke dunia.

Pertanyaan pertanyaan yang biasanya muncul di usia 3 tahun ke atas.

Jangan anggap sepele dan lucu ketika anak bertanya yang “berat”. Jangan menganggap tidak penting dengan alasan masih terlalu kecil untuk mengetahui hal hal yang demikian.

Biasanya dianggap pertanyaan berat karena tidak punya jawabannya. Kita harus menjawab pertanyaan pertanyaan tersebut karena akan membangun hidden movement.

Kemampuan hidden movement akan memberi pemahaman kepada anak bahwa segala sesuatu ada tidak secara tiba tiba, segala sesuatu ada karena ada yang membuat. Dan kemampuan hidden movement yang tertinggi adalah pemahaman dan kesadaran bahwa dibalik alam semesta serta isinya ada yang menciptakan yaitu Allah SWT.

Ketika anak bertanya, “hujan itu dari mana”, jelaskan tentang siklus hujan. Ketika bertanya “nasi darimana”, jelaskan asal muasal nasi.

Ketika bertanya “darimana asal adek”, bisa dijawab “sebelum lahir, adek ada di perut ibu. Allah yang menitipkan adek dalam perut ibu. Allah yang menjaga adek selama di perut ibu.”

Gunakan bahasa sederhana yang mampu dicerna anak. Jawab dengan pendek untuk hal hal yang masih sulit anak pahami seperti “bagaimana cara adek keluar dari perut ibu?”.

Biasanya anak sudah cukup puas dengan jawaban yang pendek. Seiring dengan usia dan perkembangan otaknya, kemampuan hidden movement ini semakin baik.

Mengapa kemampuan hidden movement perlu dibangun? Perilaku orang orang dengan hidden movement yang rendah dapat membahayakan tidak hanya dirinya sendiri tapi juga orang lain.

Orang membuang sampah ke sungai, yang sampahnya bisa hilang dari pandangan matanya. Padahal sampahnya berpindah tempat dan menimbulkan masalah besar bagi banyak orang.

Ada anak pulang sekolah lalu marah marah karena mamanya memasak makanan tidak sesuai seleranya. Ia tidak memahami untuk menghadirkan makanan di atas meja perlu kerja banyak orang. Petani, pembawa muatan sayuran,penjual, pembeli dan yang memasak.

Orang dengan hidden movement yang rendah menjadi kurang bersyukur, kurang memiliki empati, kurang bertanggung jawab, berfikir dangkal dan tidak mencapai pada taraf berfikir mustanir atau cemerlang.

Kemampuan ini memiliki hubungan dengan agama. Islam bukan agama doktrin melainkan agama yang memuaskan akal. Dengan terbangunnya hidden movement, anak mulai memahami hubungan sebab akibat dari semua yang ada di sekitarnya.

Matahari adalah sumber cahaya yang dibutuhkan oleh tanaman untuk melakukan fotosintesis. Oksigen yang dihasilkan dari proses fotosintesis dibutuhkan manusia untuk bernafas.

Sunnatullah, melalui matahari Allah jadikan proses penguapan air yang akan diturunkan kembali dalam bentuk hujan. Banyak fenomena alam yang tidak terlihat namun bisa dirasakan. Ini semua adalah dalil aqly yang bisa menghantarkan pada iman.

Di balik alam semesta dengan segala keteraturannya pasti ada Dzat yang menciptakan. Lalu sampaikan dalil naqly dalam Al Quran sebagai maklumat tsabiqoh (pengetahuan awal) untuk menghantarkan proses hidden movement pada keimanan.

Oleh karenanya, membangun kemampuan hidden movement ini penting sejak dini. Dimulai dari yang terindra lalu kenalkan hubungan sebab akibat dari berbagai benda dan kejadian.

Membangun hidden movement akan menumbuhkan iman, memunculkan sikap bersyukur, menghargai dan menghormati orang lain, serta rasa tanggung jawab.[]

*Pengelola TK Anak Sholeh Makassar dan TK Anak Sholeh Bekasi,
Mudirah Sekolah Tahfizh Iqro Bekasi

Comment

Rekomendasi Berita