by

Rektor Unbrah Ungkapakan Program Khusus Kampus Lahirkan Sarjana Berakhlak Mulia

RADARINDONESIANEWS. COM, PADANG – Rektor Universitas Baiturrahmah (Unbrah) Prof. Musliar Kasim mengungkap Program Khusus Kampus pada acara Tabligh Akbar bersama Ustadz Kondang Dr. Abdul Somad, Lc.M.A di Mesjid Baiturrahmah Usai Sholat Isya, Kamis (02/01/20).

Mengawali sambutannya, Rektor mengatakan awal berdirinya mesjid Kampus Baiturrahmah ini sepenuhnya didirkan untuk syiar agama dan utamanya untuk pengembangan pendidikan Unbrah.

“Mesjid ini kami gunakan setiap saat untuk sholat berjamaah, dan di kampus kami sudah ciptakan program khusus, bahwa saat aktivitas pembelajaran berlangsung harus berhenti ketika adzan dikumandangkan, seluruh mahasiswa wajib sholat berjamaah di mesjid”, ujar mantan wakil menteri pendidikan ini seperti dikutip kupasnews, Kamis (2/1/2020).

Andai kata, tambahnya, mereka 4 tahun kuliah, maka mereka sudah terbiasa sholat berjamaah setelah mereka tamat, karna kami menginginkan Alumni Unbrah tidak hanya memiliki kompetensi ilmu pengetahuan dan keterampilan sesuai bidangnya, tetapi juga memiliki akhlakul karimah.

Seseorang, lanjutnya, tidak mungkin memiliki akhlakul karimah jika tidak terbiasa menjalankan syariat Islam dengan baik.

Oleh karena itu, untuk mewujudkan hal terabyte, tambahnya, kami membuat program wajib sholat berjamaah di mesjid, dan 2 program khusus untuk membangun sikap dan mental mahasiswa yaitu: Holistik Spritual Qur’ani.

“Dengan adanya program ini mahasiswa diharapkan membaca Al-Quran 1 Juz setiap hari, serta setiap hari sabtu kami mengadakan Kajian Dhuha, seluruh mahasiswa wajib mengikuti Kajian Dhuha dan membuat resume untuk tambahan nilai keagamaan, mahasiswa wajib mengikuti Kajian 14 kali dalam satu semester, jika tidak mencukupi, maka mereka harus mengikut Kajian-kajian diluar kampus”, ujarnya.

Ditambahkannya, untuk membangun sikap mental yang baik, punya disiplin, etos kerja serta memiliki spirit yang bagus, dua tahun belakangan ini setiap mahasiswa baru wajib mengikuti kegiatan Bintalfisdis (Pembinaan Mental Fisik dan Disiplin).

“Tahun ini Alumni Baiturrahmah diwisuda 7 Orang mengikuti Pendidikan Akademi Militer 1 Tahun di Manggelang, Lulus 5 Orang menjadi Dokter pangkat Letnan Dua, 1 Orang Dokter Gigi, 1 Orang Radiologi dan 1 Orang Alumni Fakultas Kedokteran Baiturrahmah mendapat Lulusan Terbaik Tahun ini untuk Angkatan Laut”, terangnya.

Progam-Program Khusus ini, terangnya, diharapkan agar ahasiswa Baiturrahmah dapat menjadi mahasiswa yang baik dan Sarjana yang Ahli di bidangnya masing-masing serta dengan Akhlakul karimah.

“Dengan hadirnya kita dan mendengarkan tausiah-tausiah ini semoga kita semua mendapatkan kebaikan dari Allah SWT”, imbuhnya.(Ira)

Comment

Rekomendasi Berita