by

Indah: Jilbab Merupakan Pelindung Wanita

-Opini-85 views

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Baru-baru ini kita dikejutkan oleh kampanye “No Hijab Day” digelar melalui media sosial. Kampanye hari tanpa hijab ini dirayakan setiap 1 Februari.

Hal ini merupankan bentuk pelanggaran terhadap aturan Allah, sejatinya hijab adalah merupakan pakaian pelindung dan kemuliaan bagi setiap wanita.

Berjilbab merupakan salah satu ciri khas dari ajaran agama Islam yang digunakan khusus bagi kaum muslimah. Cara berpakaian seperti ini lah yang membentuk citra diri Islam dalam masyarakat dan menjadikannya suatu identitas diri akan eksistentsi agama Islam dalam masyarakat luas dan juga pembeda antara wanita muslim dengan wanita kafir, selain untuk menutup aurat juga bertujuan untuk membangun ahlak yang mulia sesuai dengan ajaran Islam yang syar’i.

Peritah menutup aurat untuk perempuan muslimah sangat jelas dalam Alquran dan Alhadist. Bahkan para ahli tafsir yang mereka adalah mujtahid sepakat bahwa menutup aurat adalah wajib untuk muslimah yang telah baligh.

Allah SWT berfirman:
“Katakanlah kepada wanita yang beriman, “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka ….” (QS. An-Nuur: 31).

Firman Allah SWT:
“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab: 59).

Oleh karenanya panas, gerah dalam berhijab jangan dijadikan alasan untuk tidak memakai jilbab, sebab panasnya berjilbab belom seberapa dibandingkan panasnya api neraka.

Semua aturan dan wajibnya mengenakan jilbab bukan untuk mengekang kebebasan perempuan, melainkan dengan berjilbab perempuan dimuliakan sebab dapat beraktifitas dengan nyaman tanpa ada gangguan dan ancaman.[]

Comment

Rekomendasi Berita