by

Berhasil Majukan SMP Negeri 2 Hiliduho, Temasokhi Telaumbanua Tuai Pujian

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Komite SMP Negeri 2 Hiliduho dan tokoh masyarakat Desa Dima, Kecamatan Hiliduho, Kabupaten Nias apresiasi kinerja mantan Kepala SMP Negeri 2 Hiliduho, Temasokhi Telaumbanua atas kinerja dan prestasinya membangun sekolah tersebut.

Hal itu disampaikan Ketua Komite SMPN 2 Hiliduho, Odaligo Laoli saat ditemui awak media ini di SMPN 2 Hiliduho, Sabtu (14/3).

“Kami komite mengapresiasi kinerja Temasokhi Telaumbanua sejak menjadi Kepala SMP Negeri 2 Hiliduho. Ada banyak prestasi beliau dalam membangun sekolah ini. Salah satunya Tahun 2018 SMP ini mendapat bantuan dari pemerintah pusat untuk membangun 2 Ruang Kelas Baru (RKB), 1 perpustakaan dan 1 ruang laboratorium yang dilengkapi dengan moubiler seperti meja dan kursi. Sejak serahterima bangunan ini sudah di gunakan selama 2 tahun dalam kegiatan pembelajaran disekolah dan bangunannya secara kasatmata kami masih 99 persen berdiri kokoh,” jelas Odaligo Laoli.

Lebih lanjut orang tua siswa tersebut memuji keterbukaan mantan kepala sekolah tersebut dalam menjalankan proses pembangunan.

“Proses awal hingga dibangunnya gedung SMP Negeri 2 Hiliduho dilakukan dengan transparan melalui sosialisasi kesemua pihak termasuk kami komite, tokoh masyarakat dan dinas terkait. Dari segi pengawasan sebagai komite kami menilai proses pembangunan beberapa ruang kelas dan lainnya sudah terlaksana dengan baik serta sudah diserahterimakan kepada pihak pemberi dana yaitu Kementerian Pendidikan,” jelas Ketua Komite.

Disisi lain, Ketua Komite menyampaikan bahwa proses penerimaan dan penggunaan dana BOS dilakukan secara transparan oleh pihak sekolah.

“Setiap triwulan pihak sekolah selalu melibatkan orang tua siswa/i dalam penyampaian penerimaan dana BOS serta laporan penggunaannya. Dalam pengawasan kami sebagai komite sekolah bahwa pihak sekolah telah membelanjakan dana BOS sesuai aturan seperti pembelian buku,” ucapnya.

Lebih lanjut pihak komite menyatakan jika selama kepemimpinan mantan Kepala SMPN 2 Hiliduho tidak ada permasalahan, baik dari lingkungan sekolah maupun dari orang tua siswa.

Senada yang disampaikan Ketua Komite, tokoh masyarakat Yafeti Laoli juga menyampaikan hal yang sama terkait keterbukaan mantan kepala sekolah dalam membangun SMPN 2 Hiliduho.

“Kami yakin bahwa semua yang dibelanjakan melalui dana bos terlaksana dengan baik dan ada fisiknya. Bahkan kami masyarakat mendukung penuh kepala sekolah saat itu untuk menjalankan kinerjanya membangun sekolah ini,” ucap tokoh masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, para guru SMPN 2 Hiliduho juga menyampaikan kesaksian terkait penggunaan dana BOS disekolah mereka.

“Sejak 2014 sampai 2019 dipimpin Temasokhi Telaumbanua sebagai kepala sekolah tidak ada permasalahan terkait dana bos, karena dibawa kepemimpinan beliau pihak sekolah ini cukup transparan dalam penggunaannya baik dengan guru/pegawai, komite, Pemerintah Desa, pengawas dan pihak UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Hiliduho, dan pengadaan buku sudah terlaksana bahkan sebagian buku tersebut telah dibagikan kepada siswa/i satu buku satu siswa, data tentang buku lengkap diperpustakaan,” ucap beberapa guru sambil memperlihatkan buku yang ada di perpustakaan sekolah.

Berikut sederet prestasi SMPN 2 Hiliduho sejak dipimpin Temasokhi Telaumbanua sebagai kepala sekolah dari Tahun 2014 sampai 2019 antara lain : siswa/i meraih juara 1, 2 atau 3 pada setiap lomba OSN tingkat Kabupaten; Di tahun 2015 dan 2016 salah satu guru meraih juara 1 Guru berprestasi tingkat Kabupaten; dan Kaseknya berprestasi tahun 2014 dan sekarang menjadi Ketua MKKS SMP Kabupaten Nias.

Reporter : Albert

Comment

Rekomendasi Berita