by

Melalui Dialog Interaktif, Pemkab Nias Beberkan Strategi Pencegahan Virus Covid-19

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Bupati Nias bersama Wakil Bupati Nias, Sekda Kabupaten Nias, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Bappeda serta Kepala UPTD RSUD Gunungsitoli Kabupaten Nias menjadi narasumber pada dialog interaktif di halaman Kantor Bupati Nias, Desa Ononamolo I Lot, Kecamatan Gunungsitoli Selatan, Senin (23/3).

Dialog yang disiarkan langsung RRI Gunungsitoli tersebut membahas “Strategi Pemerintah Kabupaten Nias Dalam Mencegah Covid-19”.

Pada penjelasannya, Bupati Nias Sokhiatulo Laoli menyampaikan upaya Pemerintah Kabupaten Nias dalam pencegahan Virus Covid-19 yang lagi mewabah dihampir semua Negara.

“Kita bersyukur hingga saat ini di Kepulauan Nias, khususnya di Kabupaten Nias tidak ada yang terinfeksi Virus Covid-19. Untuk kewaspadaan sekaligus persiapan jika ada yang tertular maka Pemkab Nias telah membentuk gugus tugas serta telah memberikan sosialisasi pencegahan melalui selebaran informasi atau spanduk pencegahan covid-19 yang di sebarkan dibeberapa Kecamatan dan tempat tempat ramai seperti pasar, pekan tradisional bahkan pengumuman melalui mobil informasi keliling juga telah di laksanakan,” ucap Bupati Nias.

Selain langkah sosialisasi dalam pencegahan, Pemkab Nias juga sudah menyurati Kementerian Kesehatan agar RSUD Gunungsitoli dapat dijadikan rumah sakit rujukan covid-19.

“Kita telah menyurati Kementerian Kesehatan agar RSUD Gunungsitoli dapat dijadikan rumah sakit rujukan penderita covid-19 dan tentu dengan dukungan peralatan kesehatan dari Pemerintah Pusat,” jelasnya.

Ditanya terkait langkah Pemkab Nias lawan isu hoax penyebaran virus Covid-19, Sokhiatulo himbau masyarakat untuk mengkonfirmasi setiap info yang ada melalui Dinas Kominfo Kabupaten Nias.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Nias telah menunjuk Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nias menjadi pusat informasi terkait Virus Covid-19,” ucapnya.

Masih di kegiatan yang sama, Direktur RSUD Gunungsitoli Kabupaten Nias, Julianus Dawolo sampaikan kesiapan pihaknya dalam penanganan jika terdapat pasien yang terinfeksi virus Covid-19.

“Sampai saat ini RSUD Gunungsitoli Kabupaten Nias belum ada Pasien yang terinfeksi virus Covid-19. Namun demikian untuk mengantisipasi jika ada yang terjangkit pihak RS telah mempersiapkan 12 ranjang di ruang isolasi,” tuturnya.

Selain itu, Julianus Dawolo juga menyampaikan jika pihaknya telah memesan Alat Pelindung Diri (APD) yang nantinya akan dipergunakan oleh dokter dan tenaga medis lainnya jika ada yang dirawat di RS.

“Saat ini kita telah memesan 175 alat APD guna untuk tenaga medis,” tandasnya.

Pada sesi dialog, dr. Hotman Purba menghimbau masyarakat agar lebih mengutamakan pemakaian masker kepada orang yang lagi sakit flu atau para petugas kesehatan

“Saat ini masker sangatlah langka, maka kita menghimbau agar masyarakat yang tidak sakit tidak usah menggunakan masker justru saat ini yang paling di utamakan menggunakan masker ialah yang lagi sakit flu atau penderita virus dan para petugas kesehatan,” himbau dr. Hotman.

Reporter : Albert

Comment

Rekomendasi Berita