by

Pelantikan DPD LPM Kota Depok Diwarnai Berbagai Harapan

RADARINDONESIANEWS.COM, DEPOK – Keberadaan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) baik di tingkat Kelurahan, Kecamatan hingga di tingkat Kota, telah melaksanakan fungsinya dengan baik, yakni menjembatani aspirasi masyarakat dalam permasalahan pembangunan fisik maupun nonfisik di Kota Depok.

Hal tersebut di sampaikan Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna saat menghadiri kegiatan pelantikan Ketua dan Pengurus DPD LPM Kota Depok masa bakti 2020 – 2025 dengan Tema ‘Peran LPM dalam Pembangunan Kota Depok’ diaula Hotel Bumi Wiyata Margonda Depok, Senin (09/03/2020).

“Selamat kepada pengurus DPD LPM Kota Depok masa bakti 2020 – 2025 yang baru dilantik, Semoga dapat diterima dan dilaksanakan penuh tanggung jawab terutama dalam upaya memantapkan visi dan misi sebagai mitra pemerintah membangun kota Depok”ucap Pradi.

Lebih lanjut dikatakan Pradi, LPM adalah sebagai wadah pemberdayaan masyarakat yang bisa menjadi motivator kehidupan bermasyarakat dan sebagai dinamisator untuk merancang melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan pembangunan di tingkat Kelurahan hingga di tingkat kota.

Pradi berharap dalam peran dan fungsinya, LPM benar-benar bisa menjadi wadah penampung dan penyalur aspirasi dalam masyarakat.Sehingga tercipta keterpaduan pembangunan antara kepentingan masyarakat dengan kebijakan pemerintah.

“Layanan pemerintah tidak akan optimal tanpa adanya dukungan semua pihak untuk bersinergi dalam menjalin kemitraan, guna mewujudkan visi Kota Depok yaitu kota unggul yang nyaman dan religius”, jelas Pradi

Pradi pun mengungkapkan, bahwa LPM adalah salah satu kumpulan elemen masyarakat yang diharapkan dapat menjadi motor dari sebuah gerakan perubahan-perubahan untuk pembangunan Kota Depok, dengan gerakan yang bersifat dari bawah ke atas atau dari warga oleh warga dan untuk warga.

Di tempat yang sama Ketua DPD LPM Kota Depok yang telah di lantik, Yusra Amir Yahya mengatakan, pihaknya siap menerima amanah dari masyarakat, karena ingin mensejahterakan Masyarakat dari tingkat bawah meskipun porsi yang sangat kecil.

“Ke depan, kami berharap LPM tidak lagi melakukan kegiatan seperti biasa, tetapi harus berfikir kewilayahnya, apa yang bisa di gaungkan dan lebih bisa lagi memberikan usulan-usulan yang strategis”, tutur Yusra.

Sementara itu Ketua DPD LPM Provinsi Jawa Barat, Tatang Suratis mengatakan bahwa pelaksanaan Pelantikan pengurus DPD LPM Kota Depok ini sangat luar biasa.

Dirinya berharap LPM Kota Depok bersama Pemerintah dapat menurunkan tingkat kemiskinan di Kota Depok dan juga meningkatkan pencapaian di dalam bidang pendidikan.

” LPM adalah kepanjangan tangan masyarakat serta berfungsi sebagai Mitra dari Pemerintahan, yang bertugas sebagai pengawas dalam bidang perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian di dalam pembangunan Kota”, tutur nya.

Hal senadapun dikatakan Wakil Ketua 1 DPRD Kota Depok, Yeti Wulandari. Menurutnya, acara ini adalah langkah awal yang ke depan LPM harus bisa bersinergi dengan pemerintahan Kota Depok serta DPRD Kota Depok dalam melaksanakan program-program demi mewujudkan visi dan misi Kota Depok, ujarnya singkat. (Moer/Emi)

Comment

Rekomendasi Berita