by

Warga RT 008/04 Pondok Jaya Depok Lakukan Penyemprotan Secara Swadaya

RADARINDONESIANEWS.COM, DEPOK – Warga di lingkungan RT 008/04 Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung , Depok melakukan Penyemprotan disinfektan untuk mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19) secara swadaya, Sabtu (28/03/2020).

Kegiatan penyemprotan disinefektan ini dipimpin oleh Ketua RT 008, Harry Pujianto bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19 sekaligus mengingatkan warga agar menjaga kesehatan dan tetap berdiam dirumah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Karena kita tidak boleh hanya mengandalkan bantuan dari pemerintah saja. Seperti motto dari Paguyuban Warga 008, Dari Kita Oleh Kita dan Untuk Kita. Siapa yang akan peduli dengan lingkungan kita jika bukan kita sendiri?” Ujar Harry Pujianto.

Lebih lanjut Harry mengatakan kegiatan ini pada awalnya dilakukan oleh pengurus RT beserta koordinatornya, tetapi alhamdulillah tidak sedikit pula warga lain yang ikut membantu kegiatan penyemprotan, sehingga kegiatan ini bisa selesai dengan lebih cepat.

Penyemprotan pertama dilakukan pada pagi hari untuk ujicoba alat yang baru saja kita beli dengan menyemprot jalan utama beserta pagar, dinding dan pintu jendela rumah yang ada disepanjang jalan.

Kegiatan ini menghabiskan 30 liter desinfektan, Lalu penyemprotan di lanjutkan malam hari pukul 22.00-23.45 karena akan lebih efektif dan leluasa, dari pengalaman penyemprotan pada pagi hari yang terkendala dengan masih banyaknya warga terutama anak anak yang masih bermain di teras rumah atau jalanan depan rumah yang sedikit banyak mengurangi upaya kita menyemprot secara menyeluruh.

Pada kegiatan malam hari, kita menghabiskan sekitar 90 liter larutan desinfektan dan kita menggunakan 2 alat semprot sehingga bisa berlangsung lebih cepat. Ujar Harry Pujianto yang di temani oleh Wardiman, Ketua paguyuban warga 08.

“Harapan saya, warga menjadi lebih hati hati dan melihat bahwa Pandemi Covid-19 ini nyata adanya sehingga mereka akan lebih ketat dalam melaksnakan Social distance maupun physical distance. Tetapi kita harapkan warga untuk tidak panik untuk menghadapi ini dan tetap tinggal di dalam rumah tanpa harus keluar rumah tanpa alasan yang kuat. ” Ujar Harry Pujianto.

Di tempat yang sama Wardiman ketua paguyuban Warga 08 menambahkan, tujuan dilakukan penyemprotan disinfektan sebagai langkah awal untuk mencegah adanya penyebaran virus Corona di lingkungan kita.

Didorong oleh semangat dan antusias warga yang masih peduli terhadap lingkungan nya. Bersyukur warga juga tidak keberatan dengan urunan rembug biaya untuk penyemrotan. Setidaknya apa yang telah dilakukan warga dengan cara berswadaya, meringankan tugas pemerintah khususnya Pemkot Depok.

“Harapannya semoga dengan adanya penyemprotan tersebut dapat memutus rantai penyebaran virus corona dan warga dilingkungan kita jangan sampai ada yang terkena. Tegas Wardiman disela – sela kegiatan penyemprotan. (D.Anggoro /Moer).

Comment

Rekomendasi Berita