by

Yuyun Suminah*: Taat Syariat Bukti Cinta KepadaNya

-Opini-78 views

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Islam adalah agama yang sempurna selain mengatur urusan ibadah, Islam pun mengatur hubungan manusia dengan dirinya sendiri dan mengatur hubugan dengan sesama.

Pokoknya lengkap dari bangun tidur sampai mau tidur lagi ada aturannya.

Mau masuk kamar mandi saja ada aturan, kaki mana dulu yang harus melangkah. Ribet? Tidak. Justru itulah sempurnanya Islam. Hal-hal yang sepele saja diatur apa lagi hal yang bertele-tele seperti aturan bernegara, hukum waris, keturunan (Nasab) dll.

Ketika aturan hidup kita diatur semua oleh syariat Islam dan menjalankan apa-apa yang dilarang dan diperintahkanNya itu sebagai tanda bukti kalau kita mencintaiNya. Cinta kepada manusia saja perlu bukti tak hanya ucapan belaka tapi perlu tindakan. Apalagi cinta kepadaNya.

Dengan cara apa membuktikan cinta kepadaNya? Dengan menjalankan apa-apa yang sudah diwajibkannya di antaranya menutup aurat.

Menutup aurat merupakan kewajiban bagi semua muslimah tidak pandang apakah anak pejabat, orang miskin, orang kaya dalam kondisi apapun, seperti cuaca dingin maupun panas hukumnya tetap wajib.

Jadi kalau ada yang berpendapat hijab itu tidak wajib seperti yang disampaikan oleh istri dari mantan presiden RI ke 4 beberapa waktu lalu. Itu pendapat salah yang tidak perlu kita jadikan rujukan. Justru ketika seseorang berkata seperti itu dipertanyakan ketaatan kepadaNya. Bentuk perkataan dan perbuatan melanggar syariat yang tak perlu kita tiru.

Menjalankan ketaatan secara menyeluruh, tidak hanya mengambil sebagiannya saja berarti cintanya diragukan. Lantas seperti apa bentuk cinta kita kepadaNya:

1. Menyakini Allah Maha Segala

Mengimani Allah dengan cara menyakini bahwa Allah maha segala. Maha melihat dan maha mendengar. Ketika mengimaninya diri kita akan merasa diawasi olehNya di lubang semut sekalipun.

Maka akan terbentuklah ketaatan kita di waktu lapang maupun sempit, di waktu sendiri maupun ramai.

2. AturanNya Membawa Kebaikan

Allah maha tahu apa-apa yang dibutuhkan oleh manusia termasuk Allah membuat semua aturan, tidak lain demi kebaikan manusia.

Kenapa seorang wanita diwajibkan menutup aurat? Karena ada kebaikan yang diperoleh yaitu melindungi dan menjaga kehormatan wanita. Yakinlah setiap aturan yang Allah buat membawa manfaat dan kebaikan.

Maka laksanakanlah semua apa yang Allah perintahkan dan tinggalkan yang dilarangNya.

3. Menuntut Ilmu

Allah tak banyak menuntut hanya ingin hambaNya menjadi manusia yang bertakwa. Bagaimana kita bisa yakin kalau Allah maha segalanya dan aturanNya membawa kebaikan kalau kita sendiri tidak mencarinya?

Dengan menuntut ilmu kita akan banyak tahu segala hal termasuk membuktikan cinta kita kepadaNya. Taat syariat dengan cara menuntut ilmu bisa menjadi bukti kalau kita mencintaiNya. Wallahua’lam.[]

*Ibu rumah tangga

Comment

Rekomendasi Berita