by

Memahami Potensi Anak Melalui Metode Five Mapping

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA Alhamdulillah akhirnya buku “Five Mapping” yang ditunggu-tunggu, tiba di tangan saya. Terus terang judul yang hanya dua kata ini  membuat saya penasaran dengan konten yang dibahas di dalamnya. Yup, benar saja baru saja tiba langsung saya baca, tentu agar hilang rasa penasaran ini.

Penggunaaan bahasa yang sederhana dan lugas serta disertakan gambar membuat buku ini enak dibaca.

Tak hanya penasaran dengan konten buku ini saja, namun saya  juga ingin mengajak pembaca untuk mengenal lebih dekat profil penulis berdasarkan hasil wawancara saya via WhatsApp (Jum’at 24/04/20).

F.I.V.E Mapping, 10 menit merancang kesuksesan anak sesuai karakter, merupakan buku ke-5 seorang ayah dengan 9 orang anak, kelahiran Jakarta 21 November 1970 yaitu Novian Triwidia Jaya. Yang proses menyusun buku tersebut, membutuhkan waktu kurang lebih 8 bulan. Namun penelitian berbagai karakter anak sudah dimulai sejak tahun 2015, sampai saat ini-pun masih berlanjut melakukan penelitian ke bakat atau talenta.

Teman seperjuangan pakar parenting Ayah Edy (Founder Indonesia Strong From Home) ini,  memiliki background pendidikan Sarjana Ekonomi Akuntansi dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (Program Extension). Beberapa jabatan dibidang ekonomi-pun sempat disandangnya.

Namun, ketertarikannya terhadap dunia pendidikan dimulai tahun 2003 dan terus konsen mengembangkannya. Di sinilah Novian merasa sangat nyaman tatkala berbicara dunia pendidikan.

Kini, potensi dirinya semakin expert, sehingga sangat wajar jika dirinya kerap kali diminta memberikan seminar dan workshop dari berbagai kalangan yang peduli terhadap pendidikan.

Novian yang juga sebagai Founder FIVE Mapping  – Family and Life Coach serta Direktur Indonesian Learning Center Consulting,  selain aktivitasnya sebagai penulis, juga terus mendedikasikan ilmunya sebagai Life Coach, Trainer dan  Peneliti (saat ini).

Adapun filosofi karya ke-5 nya  adalah agar para orang tua dapat dengan mudah melihat potensi anaknya, sehingga anak dapat mengoptimalkan potensi dirinya sejak dini.

Sekilas konten buku ini adalah membedah karakter anak melalui F.I.V.E (Face, Interaction, Voice, Emotion) yang kemudian antara karakter alami dan bentukan akan disatukan bagaikan menyusun puzzle yang sempurna sehingga akan mengeluarkan potensi luar biasa pada diri anak.

Tentu, buku ini sangat layak dibaca bagi para orangtua untuk mempermudah melihat potensi anaknya sesuai filosofi buku ini dibuat.

Hasil karya Novian yang lain di antaranya berjudul Supermom, Rahasia Membentuk Anak Shaleh- Pintar dan Kaya (best seller), Hypnoteaching Bukan Sekedar Mengajar dan Jangan Mau Ditolak yang diterbitkan Elex Media.

Adapun program rutin yang dilakukan di Learning Center sebagai homebest-nya adalah mengadakan pelatihan korporasi, life coach profiling dan asesmen kuliah online. Selama pandemi Corona ini, aktivitasnya-pun  ikut terdampak. Namun tak menyurutkan semangat dirinya untuk menebar ilmu. Semua kegiatannya dilakukan secara online, bahkan saat ini sedang mengerjakan beberapa modul video pelatihan online.

Sebagai kaum pembelajar dan intelektual, dalam menghadapi pandemi ini tidaklah perlu panik dan abai, namun tetap waspada. Ia menghimbau agar mengikuti preventif sesuai anjuran pemerintah,  terus berpikir kreatif agar tetap produktif, karena life must go on.

Dalam kondisi seperti ini juga, merupakan moment  terbaik bagi orangtua, untuk terus  belajar menjadi pendidik bagi anaknya, serta mengajarkan budi pekerti dan life skill. Umat Islam-pun harus  menyelamatkan anak-anak  menjadi generasi  yang terbaik, minimal dengan  menanamkan betapa pentingnya menunaikan sholat yang senantiasa harus terjaga, jangan sampai tertinggal apalagi terlupa serta barengi dengan segala amal kebaikan.

Semoga segala ilmu yang ditebarnya menjadi buah manis mendatangkan maslahat bagi siapapun. Para orang tua atau siapa saja yang peduli dengan pendidikan, buku Five Mapping ini sangat direkomendasikan sebagai bacaan bergizi dan penting.

Anak adalah masa depan dan tanggung jawab orang tua, maka segera miliki bukunya. Kontak pesan di 0812 8325 0089.[]

Peresensi

Hawilawati,S.Pd

Comment

Rekomendasi Berita