by

Sherly Agustina, M.Ag*: Perkuat Iman Dan Imun Saat Pandemi

-Opini-20 views

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (TQS. Al Baqarah: 183)

Rasulullah SAW bersabda:

“Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah…” (HR. Ahmad)

Tamu agung yang membawa banyak keberkahan telah hadir di tengah-tengah umat Islam, menjadi penghibur dan pelipur lara saat wabah melanda. Sambut dan jamu tamu agung ini dengab sebaik-baik penjamuan. Jangan sia-siakan kehadirannya karena tahun depan belum tentu bisa bertemu kembali.

Ramadan bulan yang dinanti, selain di dalamnya banyak keberkahan juga banyak pahala dilipatgandakan maka umat Islam berlomba meraih berkah dan pahala tersebut. Berusaha semaksimal mungkin melakukan ibadah di bulan ini dengan khusyu walau di tengah pandemi.

Maka beberapa hal yang perlu dilakukan untuk memperkuat iman dan imun saat menjalani ibadah di bulan Ramadan di tengah kondisi pandemi. Untuk memperkuat iman sebagai upaya mendekatkan diri kepada Allah Swt, di antaranya:

1. Menjalankan kewajiban puasa Ramadan seperti yang Allah perintahkan dalam firmanNya QS. Al Baqarah: 183. Tentu dengan ikhlas karena ini adalah kewajiban umat Islam, jika dilaksanakan mendapat pahala dan jika ditinggalkan berdosa. Melakukannya karena dorongan keimanam pada Allah Swt.
2. Sholat wajib lima waktu tepat waktu.

3. Melakukan amalan Sunnah seperti Tadarus/tilawah yang bertarget khatam selama sebulan, sholat sunnah rawatib, dhuha dan tahajud.

4. Memperbanyak sadaqah, apalagi di masa pandemi seperti ini terlebih di bulan puasa berlipat ganda pahala.

5. Bagi anak-anak birrul walidain. Selama mereka libur sekolah saat pandemi, tentu banyak waktu di rumah untuk membantu orang tua. Bulan Ramadan bisa menempa anak-anak menjadi anak yang berbakti kepada orang tua dengan melibatkan mereka dalam pekerjaan-pekerjaan rumah agar mereka terbiasa ketika dewasa kelak.

6. Berdakwah walau di dunia maya karena terkendala tak bisa keluar rumah saat pandemi. Lewat tulisan atau sosmed memberi manfaat untuk orang lain. Karena karya atau tulisan apalagi untuk dakwah tidak akan pernah mati.

Selain perkuat iman, umat Islam harus memperkuat imun di antaranya:

1. Perbanyak minum air putih. Banyak sekali manfaatnya yaitu menjaga tubuh tetap bugar dan bertenaga, mendorong fungsi otak, melancarkan pencernaan, membantu menurunkan berat badan, memaksimalkan penyerapan nutrisi dalam tubuh, membantu mengendalikan tekanan darah, menyuplai oksigen ke seluruh sel-sel tubuh dan merawat kulit dan kecantikan. (Parenting.orami, 26/02/20)

2. Memakan kurma.

Kurma memberikan semua nutrisi tubuh yang dibutuhkan dan yang terkuras selama berpuasa. Buah dari tanaman jenis palma ini kaya akan zat besi, kalsium, magnesium, selenium, serat, kalium, sukrosa, glukosa, dan fruktosa.

Karbohidrat yang terkandung dalam kurma dicerna secara perlahan oleh tubuh dan melepas energi secara berkelanjutan. Kurma juga mengontrol rasa lapar ketika berbuka, sehingga menghindari seseorang makan secara berlebihan setelah puasa.

Kurma juga mempersiapkan perut setelah pencernaan tidak aktif ketika berpuasa. Makanan pokok di Timur Tengah ini merangsang sekresi enzim pencernaan di dalam perut yang membantu pencernaan makanan. Di bulan Ramadan buah ini bermanfaat untuk mencegah sembelit. (CNN Indonesia, 18/06/15)

3. Makan sayuran. Manfaat sayuran bagi tubuh: Melancarkan BAB, pencernaan sehat, sumber vitamin, mineral, dan gizi bagi tubuh, sumber utama serat, mencegah kanker, meningkatkan sistem imun dan meningkatkan kesehatan syaraf dan mata (sumber: manfaat.co.id)

4. Olah raga. Manfaat olah raga di antaranya: mencegah penyakit jantung dan stroke, membuat tubuh lebih tegap, mengurangi stres,menjaga kualitas tidur, membantu relaksasi dan menambah energi. (Liputan6.com, 20/02/20)

5. Bisa ditambah herbal lainnya, misal madu dan habbatusauda sebagi penambah nutrisi.

6. Mengkonsumsi jus buah-buahan untuk melancarkan pencernaan dan menambah kebugaran tubuh.

Agar tujuan puasa dapat tercapai yaitu menjadi hamba yang bertakwa, maka umat Islam harus menjaga iman dan imun dengan baik. Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga mendapat berbagai keberkahan dalam menjalani ibadah di bulan Ramadan walau di tengah pandemi. Allahu A’lam Bi Ash Shawab.[]

 

*Revowriter Waringin Kurung

Comment

Rekomendasi Berita