by

Terjawab Sudah Harapan Masyarakat, RSUD Gunungsitoli Nias Jadi Rujukan Covid-19, Berikut Penjelasan Kadis Kominfo

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – RSUD Gunungsitoli Kabupaten Nias yang beralamat di Jalan. Dr. Cipto Mangunkusumo Nomor. 15, Kelurahan Pasar, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, kini resmi menjadi rumah sakit rujukan pasien Coronavirus Disease (Covid-19).

Hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sumatera Utara Nomor : 188.44/171/KPTS/2020 tentang penetapan rumah sakit rujukan dan rumah sakit darurat penanganan pasien Coronavirus Disease di Provinsi Sumatera Utara.

Dalam Surat Keputusan Gubernur Sumatera Utara tersebut menjelaskan biaya yang timbul akibat ditetapkannya keputusan Gubernur ini dibebankan kepada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sumatera Utara.

Saat dikonfirmasi awak media ini, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nias, Dahlanroso Lase membenarkan jika saat ini RSUD Gunungsitoli Kabupaten Nias sudah ditetapkan menjadi rumah sakit rujukan covid-19 wilayah Kepulauan Nias.

“Benar RSUD Gunungsitoli Kabupaten Nias telah ditetapkan oleh Gubernur Sumatera Utara sebagai rumah sakit rujukan penangan covid-19 di Kepulauan Nias. Tentu, kita apresiasi dengan iringan ucapan terima kasih kepada Kepala Daerah se-Kepulauan Nias yang memberikan dukungan, dan secara khusus kepada Bupati Nias yang jauh sebelum lahirnya kesepakatan Forkada se-Kepulauan Nias telah menyurati Menteri Kesehatan untuk penetapan RSUD Gunungsitoli Kabupaten Nias sebagai rujukan penanganan covid di Kepulauan Nias. Meskipun demikian, kita berharap Kabupaten Nias khususnya dan Kepulauan Nias tetap steril dari pandemi covid-19,” ungkap Kadis Kominfo.

Dari sisi kesiapan, Direktur UPTD RSUD Gunungsitoli Kabupaten Nias, Julianus Dawolo menyampaikan kesiapan pihaknya.

“RSUD Gunungsitoli Kabupaten Nias siap melayani pasien covid-19 dengan memberdayakan semua staf/tenaga medis yang ada, bila ada kasus yang melonjak, kita siap menambah tempat tidur dari 12 menjadi 36,” terangnya.

Diakhir pernyataannya, Julianus Dawolo berharap ada dukungan peralatan medis berupa Alat Pelindung Diri (APD) dari pemerintah.

“Kita berharap agar Pemkab/Pemkot yang ada di Kepuluan Nias mendukung RSUD Gunungsitoli untuk penanganan Covid-19 ini melalui pengadaan APD lengkap, setidaknya setiap Pemda/Pemkot bisa memberi APD lengkap 100 sampai dengan 200 set,” harap Julianus.

Reporter : Albert

Comment

Rekomendasi Berita