by

Warga Pondok Jaya Cipayung Keluhkan Tumpukan Sampah Di Kali

RADARINDONESIANEWS.COM,   DEPOK – Warga utan jaya RT 08/004 Kelurahan Pondok Jaya kecamatan Cipayung Depok keluhkan sampah menumpuk di tengah kali lingkungan setempat. Kondisi ini telah terjadi beberapa hari yang lalu .

Berbagai jenis sampah mulai dari sampah rumah tangga, plastik, dan sampah lainnya yang tak layak dibuang pada bantaran kali menumpuk. Akibat sampah yang menumpuk itu menimbulkan bau yang tidak sedap. (6/04/2020)

“Sudah sekitar 2 minggu sampah Makin menumpuk, setiap hari Makin nambah, kita yang tinggal di dekat kali jadi kena efek bau nya yg tidak sedap dan sangat mengganggu” Ujar Salah satu warga yang tidak mau di sebutkan namanya.

Hal senada juga dikatakan Anes, warga sekitar kali RT 08/004 yang mengeluhkan kondisi kali yang saat ini di penuhi berbagai macam sampah.

“Sedangkan warga disini untuk sampah sudah ada yang menganggkut dan iurannya, dan di pinggir kalipun sudah ada spanduk himbauan agar tidak membuang sampah ke kali baik warga sekitar atau warga lain yang lewat, kalau tidak segera ada tindakan maka akan semakin menumpuk dan memanjang, berharap pihak pemda Segera melakukan penindakan terkait sampah ini.” Ujar Anes.

Sementara itu, Harry pujianto ketua RT 08/004 menjelaskan bahwa sampah yang ada di kali merupakan sampah kiriman daerah Hulu yang mengalir ke kali RT 08. Karena warga 08 sendiri sudah ada anggaran swadaya sendiri untuk jasa pengangkutan sampah di lingkungan RT 08 dan sudah ada kesepakatan sendiri serta sanksi untuk warga yang masih membuang sampah di kali.

“Kita pun sudah memasang spanduk himbauan di pinggir kali tersebut.”1Kata Harry.

Harry menambahkan, sebenarnya setiap ada kasus seperti ini warga RT 08/04 secara otomatis mengadakan kerja bakti yang dikoordinir oleh teman teman koordinator Blok untuk menanganinya.

“Mengingat situasi dan kondisi Pandemi Covid-19 saat ini maka warga kami mengikuti himbauan dari pemerintah untuk tidak berkerumun maka kerja bakti tidak kami lakukan.” Jelas Harry.

“Saya berharap kepada pemkot Depok dapat membantu menangani kondisi sampah ini karena banyak warga yang terkena dampak nya, dan memfasilitasi warga dengan meletakkan satu bak sampah atau truk sampah di tempat yang strategis semisal di dekat stasiun Citayam.

“Saya yakin warga diluar RT 08 pun akan dengan senang hati mengantarkan sampah kelokasi tersebut yang pada akhirnya budaya membuang sampah pada tempatnya akan membudaya yang pada akhirnya sampah yang dibuang dikali akan terkurangi “. Tutup Harry. (D. Anggoro/Moer)

 

Comment

Rekomendasi Berita