by

Hawilawati, S.Pd* : Menjadikan Superfood “Kurma” Lebih Nikmat & Digemari Saat Berbuka

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Ramadan bulan mulia penuh rahmat, maghfiroh dan pembebasan dari api neraka. Kedatangannya sangat ditunggu oleh kaum muslimiin di seluruh penjuru dunia.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda:

“Awal bulan Ramadan adalah Rahmat, pertengahannya Maghfirah, dan akhirnya ‘Itqun Minan Nar (pembebasan dari api neraka).”

Banyak amalan istimewa yang tidak biasa dilakukan dibulan-bulan lainnya, seperti puasa penuh 29 – 30 hari. Sahur dan berbuka, sholat tarawih dan i’tikaf untuk meraih kemuliaan satu malam lebih baik dari seribu bulan (Lailatul Qodar). Bahkan sedekah dan doa di bulan ini adalah salah satu waktu terbaik yang tidak boleh dilewatkan. Dan disempurnakan dengan Hari Raya istimewa Idhul fitri 1 Syawal.

Di bulan suci ini, Allah SWT sedang mentarbiyah kaum Muslimiin mulai dari kedisiplinan diri dengan beraktivitas penuh manfaat mendatangkan pahala hingga waktu istirahat. Membiasakan menjaga lisan dengan tutur kata yang ahsan dan perbanyak tadarus Al-Qur’an, dzikir dan doa. Melatih diri menjaga hubungan baik dengan sesama dengan saling berempati. Juga menjaga pola makan sehat bergizi, teratur dan tidak berlebihan.

Agar Ramadan kita tidak sia-sia, maka kita-pun harus berusaha mengisinya dengan menjalankan segala amalan yang disyariatkan Allah SWT dan disunnahkan Rosulullah SAW.

Salah satunya bagaimana kaum muslimiin memilah makanan tidak hanya asal enak, namun Halal wa Thoyyib saat menikmati berbuka puasa. Sehari menahan dahaga dan lapar, Allah berikan kembali dengan makanan yang cukup, lezat, bergizi dan menyehatkan bahkan mendatangkan pahala (karena ittiba dengan pola makan Rosulullah SAW).

Rosulullah SAW berbuka dengan kurma, sungguh nikmat luar biasa, rasa lapar dan dahaga Allah ganti dengan kecukupan nikmat, hingga memberikan energi tuk beribadah di malam hari.

Sebagaimana diriwayatkan Abu Daud dan Tirmidzi.

“Apabila seorang dari kalian berbuka puasa, hendaklah dia berbuka dengan kurma. Sesungguhnya, kurma itu adalah (mengandung) berkah. Apabila tidak mendapatkan kurma, maka hendaklah dia berbuka dengan air. Sesungguhnya air itu suci.”

Kurma sangat istimewa, buah dengan rasanya yang manis ini dikenal dengan istilah superfood. Sekitar 18 jenis asam amino yang terdapat didalamnya memberikan banyak kasiat dan energi bagi tubuh. Kurma mengandung potasium yang bermanfaat untuk kontraksi otot (termasuk otot jantung). Mengkonsumsi kurma tidak mudah lelah dan terhindar konstipasi.

Berdasarkan buku Jurus Sehat Rosulullah SAW, karya dr.Zaidul Akbar. Manfaat kurma diantaranya :

1. Kurma kaya akan serat diet yang membantu memperlancar pencernaan dan dapat menurunkan kadar gula dalam darah

2. Kurma mengandung vitamin B kompleks yang sangat penting dal proses pembentukan BB darah, sel darah putih dan sel darah merah.

3.Kurma mengandung magnesium yang membantu perkembangan tulang yang sehat dan proses metabolisme energi.

4. Kurma juga merupakan anti kanker karena mengandung selenium yang juga berperan penting untuk kekebalan tubuh kita.

5. Kurma tidak mengandung kolesterol, bahkan mampu ikut menurunkan resiko penyakit jantung.

Superfood selain nikmat disantap langsung tanpa diolah, juga akan lebih nikmat dan akan sangat digemari seluruh anggota keluarga terutama menjadi selera bagi anak-anak, dengan disajikan dalam bentuk yang lain, seperti dikreasikan menjadi Jus kurma. Membuatnya pun sangat mudah dan sederhana.

Alhamdulillah, semua suka jus kurma, anak-anak yang tak terbiasa mengkonsumsi kurma utuh, akhirnya menjadi suka, lagi dan lagi ketagihan. Hal ini yang hampir setiap hari disajikan penulis saat berbuka puasa.

Sebelum Ramadan, jus kurma juga menjadi salah satu minuman favorit kami, selain sehat agar anak-anak terhindar dari kebiasaan jajan minuman yang tidak jelas komposisinya, yang miskin gizi, yang justru akan mendatangkan penyakit. Disaat Ramadan ini, tentu jus kurma menjadi minuman wajib.

Bahan-bahan Yang Digunakan:

1.Kurma jenis apapun
2.Air mineral /susu segar plain

Cara Membuat Jus Kurma:

1. Pisahkan daging kurma dari bijinya
2. Campur semua bahan
3. Bland sampai halus
5. Sajikan dalam gelas
4. Jus Kurma siap menemani keluarga saat berbuka

Selamat berpuasa dan mencoba menyajikan minuman sehat, bergizi saat berbuka, insya Allah segala kasiatnya akan kita rasakan, ibadahpun tentu menjadi semakin semangat.

*Anggota Revowriter Tangerang

Comment

Rekomendasi Berita