by

Siti Rahmah: Amazing Lailatul Qadar

-Opini-36 views

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Hai, Dear. Nggak kerasa ya, kita sudah berada di penghujung Ramadhan. Tepatnya sepuluh hari terakhir bulan ramadhan. Sedih tentunya, karena kita nggak tahu masihkah ada kesempatan bertemu Ramadhan berikutnya atau tidak.

By the way dari pada meratapi kesedihan mending berbenah yuk. Siapkan bekal sebelum Ramadhan ini benar-benar berlalu.

Apalagi di hari-hari terakhir ini banyak keistimewaan yang Allah berikan bagi mereka yang mengisinya dengan ibadah. Apa saja sich keistimewaan nya?

Ramadhan adalah bulan istimewa diantara bulan-bulan lain. Sehingga dari awal memasukinya Allah sudah mencurahkan rahmat-Nya, berkah-Nya dan juga ampunan-Nya. Pahala pun dilipat gandakan. Ternyata bukan hanya itu yang membuat Ramadhan menjadi istimewa. Di bulan mulia ini, Allah juga menurunkan al-Qur’an pada waktu Lailatul Qadar, yaitu satu malam yang penuh berkah. Sebagaimana firmanNya:

“Innaa anzalnaaHu fii lailatim mubaarakatin. Artinya: Sesungguhnya Kami telah menurunkan al-Qur’an pada malam yang penuh berkah.”( QS ad-Dukhaan: 3)

Dear, malam penuh keberkahan itulah dinamakan malam al-Qadr.

“SyaHru ramadlaanal ladzii unzila fiiHil qur-aan. Artinya: “Bulan Ramadlan, bulan yang di dalamnya diturunkan al-Qur’an.” (QS. al-Baqarah: 185)

Menurut Ibnu ‘Abbas, Allah menurunkan al-Qur’an itu secara langsung 30 juz, dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul ‘Izzah di langit dunia. Kemudian diturunkan secara bertahap, sesuai konteks realitasnya dalam kurun waktu dua puluh tiga tahun, kepada Rasulullah saw. Itulah Al Qur’an yang saat ini suka kita baca, Dear.

Lantas apa yang membuat Lailatul Qadar amazing, selain diturunkannya Al Qur’an? Banyak Dear, diantaranya:

Sebagaimana lanjutan surat Al Qodar. “Lailatul qadri khairum min alfi syaHrin. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.”

Para ulama menafsirkan bahwa ibadah yang dilakukan pada malam itu maka seperti ibadah yang dilakukan lebih dari 83 tahun. Nah, kalau mau dirinci dengan hitung-hitungan ini keren banget, Dear. Bayangkan usia kalian saat ini berapa tahun? Paling masih kisaran belasan atau 20 tahunan. Dan dalam usia itu nggak mungkin kan, kalian dalam kondisi ibadah terus menerus.

Tapi lain cerita ketika kalian berhasil mendapatkan Lailatul Qadar. Ibadah yang kalian lakukan malam itu sebanding dengan ibadah selama 83 tahun tanpa henti.

Jika malam itu kalian berdzikir, sholat, baca Qur’an dan berdoa maka semua amalan itu sama dengan 83 tahun kalian melakukan nya tanah henti. Amazing kan?

Dalam ayat berikutnya disebutkan: “Tanazzalul malaa-ikatu warruuhu fiiHaa bi-idzni rabbiHim ming kulli amrin. Artinya: Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Rabb-nya untuk mengatur segala urusan.”

Para ulama mengatakan ada sekitar 247.000 malaikat yang turun ke bumi. Ada juga yang mengatakan Allah menurunkan malaikat sampai memenuhi bumi. Sehingga beberapa riwayat menggambar benda-benda ikut bersujud bahkan cahaya matahari pagi agak redup karena cahayanya kalah oleh cahaya para malaikat.

lebih amazing lagi, pada malam itu malaikat Jibril pun ikut turun ke bumi. Padahal malaikat Jibril hanya turun ke bumi ketika menyampaikan Wahyu kepada Rasulullah. Tapi khusu di malam Qadar, malaikat jibril ikut turun sebagai pertanda banyaknya berkah yang terdapat padanya.

Selain sebagai tanda keberkahan para malaikat juga diturunkan untuk mengatur segala urusan. Masih dalam surat Al Qodar dilanjutkan:

“Ming kulli amrin. Artinya, Untuk mengatur segala urusan.”
Allah juga berfirman:
“Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah” (QS. Ad Dukhan: 4).

Imam Ibnu Katsir menjelaskan bahwa pada Lailatul Qadar akan dirinci di Lauhul Mahfuzh mengenai penulisan takdir dalam setahun, juga akan dicatat ajal dan rizki. Dan juga akan dicatat segala sesuatu hingga akhir dalam setahun.

So, jangan disia-siakan ya, Dear. Get up kita berpacu dengan waktu untuk beribadah. Jika kita tidak bisa mengejar ibadahnya ahli ibadah setidaknya kita berlomba bertaubat dengan ahli maksiat. Apalagi Lailatul Qadar menjadi penentu takdir kita selama setahun kedepan lho.

Selanjutnya diayat ke lima, disebutkan “Salamun Hiya Hatta Mathla’il Fajr. Malam itu (penuh) Kesejahteraan sampai terbit fajar.”

Orang yang beribadah tepat di Lailatul Qadar, maka dia akan selamat dari siksa neraka. Karena ketundukan dan ketaatan nya yang dilakukan malam itu. Bahkan para ulama menggambarkan keselamatan itu, berupa ketenangan dan kebahagiaan dalam hidupnya.

Dia akan senantiasa merasa nyaman dan tentram karena dia akan terus dijaga oleh para malaikat. Dia tidak akan resah dengan masalah yang dihadapi, dia pun akan senantiasa optimis dengan Rahmat Allah.

Nah bagaimana, Dear. Amazing kan Lailatul Qadar. Masih rela melewatkan setiap malamnya dengan tertidur pulas atau hanya sekedar bersosmed ria? Padahal keutamaan malam Qadar ini tinggal sedikit lagi lho. Hayu kejar, hayu buru sebelum ramadhan berlalu. Waallahu alam.[]

Comment

Rekomendasi Berita