by

Dampak Sosial, Ekonomi dan Pendidikan Akibat Pandemi Covid 19

 

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Dampak wabah Covid-19 tidak hanya merugikan dari sisi kesehatan, namun juga dapat berdampak pada perekonomian, pendidikan dan juga kondisi sosial.

Hal ini terangkum dalam diskusi yang disampaikan beberapa narasumber dalam sharing session pada Halal Bi Halal Keluarga Besar Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Comal Tahun 1985 pada hari Sabtu, 30 Mei 2020 melalui diskusi online.

Acara yang dibuka oleh Ketua IKA SMANCO 85 Tri Doyo Basuki menghadirkan beberapa narasumber seperti AKBP Siti Alfiah, Kepala KBBN Sleman, Ayanto S.Pd, M.Pd, Kepala Sekolah SMA Negeri Petarukan, dr. Mustofa, Kepala Puskesmas Randudongkal dan Widyo Yuwono, Direktur PT. Arga Kencana Mandiri.

Salah satu pembicara AKBP Siti Alfiah, menyampaikan bahwa perlu kewaspadaan esktra di tengah kondisi pandemi Covid 19 ini. Kita tidak boleh lengah dan kendur dalam pengawasan, karna kondisi ini justru dapat dimanfaatkan oleh bandar narkoba untuk menjalankan aksinya, kata Alfi.

Dalam kesempatan yang sama pembicara lainnya Widyo Yuwono, mengingatkan bahwa kondisi saat ini tidak saja memukul usaha bersekala besar tetapi juga dapat berdampak pada usaha kecil dan informal yang akan berakibat pada meningkatnya pengangguran dan juga kemiskinan, akibat banyaknya tenaga kerja yang terkena PHK.

Hal yang sama, Covid 19 ini berdampak juga pada sektor pendidikan, dimana pelaksanaan proses belajar mengajar yang dilakukan secara online, serta merta tidak sama dengan pembelajaran yang dilakukan dalam kondisi normal dan menambah biaya untuk pembelian data internet, kata Ayanto yang berbicara pada sesi selanjutnya.[]

Comment

Rekomendasi Berita