by

Dede Nurmala*: Pandemi Virus COVID 19, Kembalikan Peran Ibu Sesungguhnya

-Opini-22 views

 

RADARINDONESIANEWS.COM,  JAKARTA – Indonesia termasuk belahan dunia dirundung duka karena puluhan bahkan ratusan orang meninggal akibat wabah virus covid 19 yang sudah menyebar dari satu negara ke negara lain.

Kepanikanpun terus melanda manusia di bumi ini dengan bertambah korban yang meninggal. Sehingga pemerintah pun bertindak dengan kebijakannya untuk lebih berhati-hati dalam kasus ini.

Salah satunya adalah menghentikan segala aktivitas yang berpotensi penularan virus covid 19 yaitu melalui perkumpulan-perkumpulan formal atau non formal sehingga mampu memperkecil penularan virus tersebut.

Penghentian aktivitas itu salah satunya adalah penghentian aktivitas belajar di berbagai lembaga pendidikan. Sehingga kegiatan belajar bagi pelajar terpakasa untuk sementara dialihkan di rumah masing-masing untuk lebih menjaga diri.

Dialihkannya kegiatan belajar untuk sementara waktu menjadikan para orangtua harus mempersiapkan diri, karena akan menggantikan posisi guru mengajar anak-anak di rumah. Jelaslah banyak di antara para orangtua terutama ibu merasa kewalahan dengan banyaknya tugas yang diberikan guru di setiap harinya.

Tak jarang banyak keluhan keluar dari mulut para ibu di rumah, entah karena merasa repot, kebingungan dengan tugas, mengkondisikan anak belajar, membuat anak fokus belajar dan yang lainnya.

Kewalahan para ibu mengajar anak di rumah bukan tanpa sebab. Bila merasa kondisi saat ini membuatnya stres ataupun cape itu hal wajar. Mengapa? Karena tak terbiasa dengan kondisi yang dihadapi.  Biasanya seorang ibu dari pagi sampai siang mengurus tugas rutin namun kali ini disibukkan dengan mengajar anak-anak sesuai tugas yang diberikan.

Namun, hal ini seharusnya tidak dikagetkan mengingat itu hal yang mudah dilakukan bagi mereka yang sering membersamai anak-anak. Ini menjadi pelajaran buat para orang tua bahwa tak mudah menjadi seorang guru dan mengingatkan kembali peran ibu yang sesungguhnya.

Karena sejatinya tugas seorang ibu adalah menjadi pendidik pertama untuk anak-anak bukan sekolah. Dan kebanyakan para orangtua hari ini menyerahkan sepenuhnya pendidikan anak kepada lembaga pendidikan, baik formal maupun non formal.

Sehingga saat ada tuntutan mengajarkan anak-anak di rumah, mereka mengeluh dan merasa terbebani.

Berbahagialah wahai para orang tua terkhusus ibu karena Allah berikan kesempatan untuk banyak membersamai putra putrinya di rumah.

Milyaran pahala siap untuk digenggam jika dalam mendidik mereka penuh dengan kesabaran dan diliputi hati yang tenang. Karena sesungguhnya selalu ada kebaikan dibalik ujian yang Allah berikan. Inna ma’al usri yusro.

Bersiaplah dengan ujian selanjutnya bukan hanya dalam hal mendidik di masa pandemi covid 19 ini saja. Semoga Allah turunkan pertolongan untuk semua negeri-negeri di penjuru bumi khususnya negeri-negeri muslim agar diturunkan RahmatNya.[]

*Mahasiswi STAI DR.KHEZ MUTTAQIEN

Allahu’alam biishowab.

Comment

Rekomendasi Berita