by

Firda Umayah: Refleksi Hari Raya Idul Adha 1441H, Saatnya Kembali Kepada Syariat Islam

-Opini-35 views

 

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA — Hari Raya Idul Adha telah tiba. Gema takbir terdengar diseluruh penjuru dunia. Umat Islam mengagungkan asma Allah SWT meski dengan kondisi penuh keprihatinan. Ditengah pandemi saat ini umat Islam merindukan kehidupan normal seperti sebelum pandemi.

Umat Islam merindukan sosok pemimpin yang mampu membawa mereka keluar dari segala permasalahan dunia saat ini. Masalah yang seakan tak kunjung usai bahkan semakin mencekik.

Kerusakan moral, himpitan ekonomi, output pendidikan yang tidak sesuai harapan, ketimpangan sosial, maraknya kejahatan, dan masih banyak yang lainnya terus menyelubungi masyarakat.

Taruhan nyawa ketika beraktivitas diluar rumah tanpa perlindungan juga masih menghantui masyarakat. Strategi penanganan pandemi dengan pemberlakuan New Normal nampaknya tidak mampu menjadi solusi.

Hari Raya Idul Adha sejatinya merupakan cerminan dari ketaatan Nabi Ibrahim As dan Nabi Ismail As secara total kepada Allah SWT seharusnya dapat dilakukan pula oleh umat Islam sebagai umat yang beriman kepada Allah SWT.

Penerapan syariat Islam secara keseluruhan merupakan konsekuensi atas keimanan kepadaNya. Allah SWT berfirman dalam surat al Baqarah ayat 208 yang artinya, “Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.”

Adalah sebuah kebutuhan bagi umat Islam untuk kembali kepada syariat Islam sebagai solusi untuk semua permasalahan hidup.

Hal itu semata-mata hanya untuk meraih ridho Allah SWT. Ketaatan sempurna memerlukan sikap berkorban untuk meninggalkan semua hawa nafsu dan orientasi yang bersifat individual. Sifat materialistik dan rakus akan harta serta kekuasaan juga harus ditinggalkan.

Adanya pandemi dan krisis yang melanda sudah seharusnya membuat umat Islam sadar bahwa ini merupakan peringatan dari Allah SWT agar kembali tunduk dan taat kepada semua perintahNya.

Karena hanya inilah yang akan membawa keberkahan hidup di dunia dan di akhirat kelak. Keberadaan virus corona dan pandemi memang merupakan ketetapan dari Allah SWT. Akan tetapi solusi terhadap permasalahan tersebut merupakan ikhtiar atau usaha manusia.

Allah SWT berfirman dalam surat Al-A`rāf ayat 96 yang artinya, “Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” Wallahu a’lam bishowab.[]

Comment

Rekomendasi Berita