by

KKN UM Di Desa Sepanjang Gelar Workshop Cegah Covid, Selamatkan Indonesia

 

RADARINDONESIANEWS.COM, MALANG — Mahasiswa KKN Desa Sepanjang Universitas Negeri Malang menggelar kegiatan mini workshop dengan tema “Cegah Covid, Selamatkan Indonesia”,  Rabu (1/7/2020).

Kegiatan mini workshop ini merupakan rangkaian kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang (UM) sekaligus sebagai forum atau wadah mahasiswa UM untuk mengedukasi masyarakat terkait Virus Covid-19 dan pencegahannya sekaligus penyerahan hasil proker yang telah dikerjakan selama sebulan lebih lamanya.

Mini workshop diawali dengan pemutaran video profil desa, kemudian presentasi peta potensi wilayah, dilanjutkan dengan presentasi video tutorial cara pembuatan briket dari ampas tebu dan video tutorial pembuatan jamu, edukasi dan pencegahan mengenai virus Covid-19 serta pembagian 1000 masker dan sembako.

Melalui sajian dua video tutorial tersebut diharapkan bisa membantu perekonomian masyarakat dengan mengoptimalkan potensi desa yang ada.

Selain itu melalui workshop ini diharapkan masyarakat dapat membuat jamu sebagai alternatif penguat imun secara mandiri dengan bahan-bahan yang mudah ditemui di desa.

Hadir dalam forum ini perwakilan masyarakat dari 4 RW yang berbeda dengan jumlah 25 orang.

Kegiatan KKN Desa Sepanjang diakhiri dengan penyerahan 1000 masker dan pembagian sembako setelah edukasi kepada masyarakat selesai di laksanakan.

Dalam kesempatan Mini Workshop tersebut,  Tomy Nanda, Koordinator desa mengatakan,  Jawa Timur merupakan peringkat pertama nasional dengan jumlah kematian terbanyak.

“Tentu mini workshop KKN edisi Covid-19 ini bukan tanpa sebab, mengingat Jawa Timur hari ini memasuki peringkat pertama nasional dengan jumlah kematian covid-19 terbanyak.”Ujarnya.

Apalagi, tambahnya,  belum ada protokol khusus untuk masyarakat di desa ini.

“Semoga KKN kita kali ini benar-benar memberikan kontribusi kepada masyarakat”, Harapnya.

Miftahul Huda selaku Carik Desa Sepanjang yang turut hadir dalam Mini Workshop tersebut memberi apresiasi kegiatan ini dan berterima kasih kepada peserta KKN yang telah memberi manfaat dengan mengedukasi masyarakat di desanya.

“Semoga apa yang disampaikan adik-adik mahasiswa UM benar-benar bisa diterapkan.”Imbuhnya.

Mini workshop yang diramu dengan video tutorial, edukasi virus covid dan pencegahannya ini berjalan lancar dengan antusisme masyarakat yang tinggi.[]

Reporter: Putri Hanifah, C.NNLP

Comment

Rekomendasi Berita