by

Untuk Mencegah Virus Covid-19, KKN UM Desa Sepanjang Sosialisaikan Program 1000 Masker

 

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA — Hingga kini belum tampak Pandemi covid-19 akan berhenti sedangkan aktivitas setiap hari tetap harus berjalan termasuk Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Jawa Timur menduduki peringkat pertama angka kematian covid-19. Surabaya menjadi kota pertama dengan jumlah 392 kasus positif covid-19, 1056 pasien dalam pengawasan. Peringkat kedua adalah Sidoarjo dengan kasus positif 92 kemudian disusul dengan Magetan dan Kabupaten Malang.

Kabupaten Malang menjadi lima teratas zona merah di Jawa Timur. Namun demikian, di Desa Sepanjang tidak ada warga yang terinfeksi covid-19 dan masih dalam kategori zona hijau.

Melihat kondisi demikian, kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Desa Sepanjang menginisiasi program 1000 masker untuk mencegah penyebaran virus covid-19.

Sosialisasi program kerja 1000 masker digelar pada agenda Mini Workshop KKN Desa Sepanjang, Rabu (1/7/2020).

Nuri perwakilan kelompok Kuliah Kerja Desa Sepanjang menjelaskan bagaimana virus covid-19 bisa menyebar dan berikut adalah langkah langkah yang bisa  dilakukan untuk mencegah penularan virus tersebut:

1. Mencuci tangan dengan teratur;

2. Menggunakan masker;

3. Membersihkan rumah dan melakukan disinfektasi secara rutin;

4. Melakukan sosial distancing.

Penggunaan masker hari ini menjadi bagian terpenting ketika keluar rumah, tapi sudah benarkah penggunaan masker yang kita pakai?

Berikut cara yang benar dalam menggunakan masker:

1. Pastikan untuk menggunakan masker yang sesuai dengan ukuran wajah anda, agar tidak kekecilan atau kebesaran.

2. Cuci tangan sebelum mengenakan masker, atau memakai hand sanitizer

3. Perhatikan sisi masker. Biasanya masker memiliki 2 warna yaitu warna hijau dan putih. Sisi hijau bagian luar sehingga sisi putih bagian dalam

4. Kenakan masker pada wajah dan selipkan talinya di belakang telinga atau ikat tali masker di belakang kepala dengan erat agar masker tidak longgar

5. Letakkan garis kawat pada masker di bagian hidung anda.

6. Setelah masker terpasang, cubit garis kawat agar mengikuti bentuk hidung anda sehingga tidak tersisa celah antara masker dan wajah.

7. Panjangkan bagian bawah masker hingga menutupi dagu. Pastikan masker menutupi hidung, mulut, hingga dagu.

8. Saat masker digunakan, hindari menyentuh masker. Jika ingin memperbaiki posisi masker yang berubah atau longgar, cuci tangan terlebih dahulu.

Masyarakat Desa Sepanjang terlihat begitu antusias mendengarkan pemaparan yang disampaikan oleh presentator, Nuri.

Miftahul Huda,  Pamong Desa yang hadir dalam kesempatan tersebut mengucapkan rasa terima kasih kepada mahasiswa KKN.

“Terimakasih banyak atas usaha yang kawan-kawan mahasiswa UM lakukan. Semoga masyarakat bisa menerapkan dengan baik”. imbuhnya.

Agenda Sosialisasi Program Pencegahan virus covid 19 ini diakhiri dengan berbagi 1000 masker kepada masyarakat Desa Sepanjang.[]

Reporter: Putri Hanifah, C.NNLP

Comment

Rekomendasi Berita