by

Bukit Satus, Sensasi Wisata Kemah dengan Alam Eksotis Di Desa Wisata Cibeusi

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM,  — CIATER- Banyak orang sudah tidak asing dengan daerah Ciater yang berada di wilayah Kabupaten Subang, Jawa Barat. Ciater yang memiliki wisata pemandian air panas alami dan pemandangan alamnya yang indah telah dikenal tak hanya di Jawa Barat tetapi telah popular di luar Jawa Barat.

Berbicara Ciater sebagai destinasi pariwisata bukan hanya dikenal pemandian air panas yang mengandung belerang dan diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Ternyata masih banyak potensi alam lainya yang bisa menjadi destinasi pariwisata di wilayah Kecamatan Ciater.

Desa Cibeusi, merupakan salah satu desa wisata di Kecamatan Ciater yang memiliki beberapa objek wisata mempunyai potensi untuk dikembangkan. Walaupun tidak memiliki pemandian air panas, Desa Cibeusi mempunyai daya tarik alam yang eksotis dan menarik.

Beberapa lokasi menarik yang sangat potensial untuk dikembangkan sebagai lokasi tujuan wisata di Desa Cibeusi, Dusun Neglasari adalah Curug Ciangin, Bukit Satus, dan Curug Pelangi.

Salahsatu dari beberapa lokasi tersebut yang mulai didatangi dan dikunjungi oleh para wisatawan lokal adalah Bukit Satus.

Bukit Satus adalah sebuah daerah perbukitan yang memiliki pemandangan indah dan dikelilingi pepohonan yang rindang dan hijau. Dari penjelasan warga sekitarnya bahwa kata ‘Bukit Satus’ berasal dari kata ‘Bukit’ dan ‘Satus’ atau ‘Seratus Ribu’.

Warga setempat Haji Kacep, 41, dan Asep Saefudin, 42, mengatakan kendati Bukit Satus memiliki keindahan alam dan berpotensi menjadi daerah tujuan wisata, pada awalnya banyak warga sekitar menolak dibangun akses jalan menuju lokasi wisata Dusun Neglasari ini.

“Saya terus berusaha untuk membangun akses jalan walaupun warga menolak,” kenang Kacep saat diwawancarai pada Minggu (30/08/2020).

“Saya pikir jika ada akses jalan masuk, potensi wisata di Dusun Neglasari bisa berkembang. Karena saya dan kawan-kawan serta aparat desa berusaha untuk mewujudkan akses jalan menuju lokasi wisata ini,” tambah Kacep.

Asep menambahkan, ”Mungkin dulu masyarakat sekitar belum sadar jika akses jalan menuju Bukit Satus bisa memberi dampak ekonomi bagi warga setempat dengan kedatangan para pengunjung.”

Tapi sekarang Bukit Satus yang berada di Dusun Neglasari telah menjadi salah destinasi pariwisata di wilayah Kecamatan Ciater.

Dengan alamnya yang indah dan daerah perbukitan, Bukit Satus menawar wisata perkemahan atau camping ground. Perkemahan sangat cocok bagi kalangan milenial secara berkelompok maupun keluarga.

Bukan hanya keindahan alamnya, Bukit Satus memiliki fasilitas pendukung seperti MCK, air bersih, penerangan (listrik), mushola, gazebo, panggung seni, selfie spot, dan area terbuka untuk mendirikan tenda yang sangat layak.

Bagi mereka yang membawa kendaraan tak perlu khawatir dengan tempat parkir. Di Bukit Satus tersedia area parkir sekitar 150 meter dari lokasi Bukit Satus.Tak hanya itu, bagi mereka yang ingin menikmati kuliner juga tersedia berbagai menu termasuk paket nasi liwet dengan lauk pauk khas Subang.

“Yang datang ke sini sudah banyak, baik dari pengunjung umum maupun dari instansi seperti dari aparatur desa, kecamatan, pegawai pemerintah daerah Kabupaten Subang bahkan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Subang,” imbuh Asep.

Asep yang sering kali mengikuti pelatihan dari Dinas Pariwisata Subang ini bahkan sedang mengaplikasikan layanan “home stay” yang jaraknya 300 meter dari lokasi Bukit Satus.

“Kami berharap pemerintah baik itu pihak desa, kecamatan, kabupaten terutama dinas pariwisata bisa terus proaktif dalam pengembangan objek wisata di Dusun Neglasari ini,” harap Asep.

Ketika ditanya Radar Indonesia News apa sebenarnya yang masih butuh pembenahan untuk Desa wisata Cibeusi. Asep mengungkapkan bahwa jalan akses dari jalan raya perlu perbaikan agar pengunjung lebih nyaman. Selain itu adanya perluasan lahan parkir sehingga lebih memadai . (Nanang S)

Comment

Rekomendasi Berita