by

Gelar Diklat Jurnalistik Dan Pra UKW, Kogawad Dorong Insan Pers Lebih Profesional

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA — DEPOK – Mengusung tema paham etika jurnalistik , cerdas melihat dunia untuk jadi jurnalis berkompeten, Gabungan Wartawan Kota Depok (Kogawad) menggelar Diklat Jurnalistik dan Pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Kinasih Resort and Confrence, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Sabtu-Minggu (15-16/08).

Dengan dukungan dari Dewan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) KOGAWAD mendatangkan sejumlah narasumber yang ahli dan berkompeten serta di hadiri oleh 60 peserta Diklat.

Ketua Umum KOGAWAD Mikel A Wattimena menjelaskan, pihaknya bermaksud mendorong wartawan agar lebih profesional dalam menjalankan tugas sebagai jurnalistik.

“KOGAWAD ingin wartawan, khususnya di Depok bisa lebih profesional dan menjalankan sesuai aturan undang-undang dan Kode Etik Jurnalistik (KEJ). ” ucap Mikel.

Seusai acara Ketua panitia pelaksana Jhoni Y Kelmanutu mengaku pihaknya bersyukur acara berjalan lancar dan sukses.

“Semua narasumber dan tamu undangan bisa hadir. Begitu juga para pesertanya. Kami bersyukur acara bisa lancar dan sukses,” kata Jhoni.

Dia menambahkan, acara yang dilaksanakan selama dua hari diikuti 60 peserta berbagai komponen wartawan dari wilayah Depok, Karawang, Cianjur, Bogor Raya dan Jakarta.

Diklat Jurnalistik dan Pra UKW itu menghadirkan narasumber dari Ahli Pers, Dewan Pers, Kamsul Hasan, Ketua PWI DKI, Sayid Iskandarsyah, Sekertaris PWI Jaya, Kesit B Handoyo, serta sejumlah Dosen IISIP Jakarta dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Depok, Sidik Mulyono.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kadiskominfo) Kota Depok, Sidik Mulyono mengatakan Desember, Depok akan mengelar UKW. Semoga Depok menjadi percontohan ke depan.

“Harapanya jurnalis berkualitas akan ciptakan masyarakat cerdas,” ungkap Sidik seusai memberikan materi.

Di tempat yang sama Kesit B. Handoyo Sekretaris PWI mengatakan, Uji Kompetensi Wartawan (UKW) kini, menjadi suatu hal penting yang harus diikuti wartawan menuju pers berkualitas dan profesional.

“Kompetensi ini sekarang menjadi hal yang menurut saya penting untuk teman-teman wartawan, mau tidak mau harus diikuti oleh teman-teman wartawan,” jelas Kesit. (D. Anggoro)

Comment

Rekomendasi Berita