by

Peran Aktif Karang Taruna Subang Dalam Pengembangan Teknologi Untuk Capaian Subang Hebat 2024

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, SUBANG-Pemuda bagian dari masyarakat dituntut berperan aktif dalam pembangunan. Oleh karena itu, pemuda tidak boleh hanya sebagai penonton dan pengekor tetapi harus jadi pelopor, inovator, dan turut terlibat dan berkontribusi bagi masyarakat.

Tokoh proklamator Soekarno pun mengagumi dan menyanjung para pemuda yang memiliki semangat besar dan membara. Soekarno pernah mengatakan,”Beri aku 10 pemuda niscaya akan ku guncang kan dunia!”

Berbicara peran pemuda tidak lepas dari organisasi Karang Taruna. Sebagai wadah kalangan pemuda atau istilah sekarang dengan sebutan kalangan milenial, Karang Taruna diharapkan menjadi salah satu roda penggerak pembangunan.

Dalam wawancara dengan Radar Indonesia News, Kamis (3/9/2020), Ketua Biro Teknologi Karang Taruna Kabupaten Subang, Huban Kabir ST, MT mengatakan saat ini peran Karang Taruna Kabupaten Subang sangat penting bagi percepatan pembangunan Subang.

“Anggota Karang Taruna harus menguasai bidang teknologi yang sangat dibutuhkan di era sekarang yaitu era industri 4.0,” ujar Huban yang juga Ketua Pengurus Daerah (PD) Barupas Subang.

Lebih lanjut Huban yang juga dosen Jurusan Teknik Elektro Universitas Subang menjelaskan”ada tiga sektor yang sedang start dan membutuhkan scale up di Kabupaten Subang yaitu proyek pelabuhan Patimban, industri, dan pariwisata.

Subang sekarang sudah ditetapkan sebagai salah satu kawasan industri di Jawa Barat. Namun sayangnya sektor industri yang akan menjadi andalan Kabupaten Subang masih belum didukung kualitas sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni, serta belum ada fasilitas laboratorium yang modern dan memadai sebagai pendukung.

“Saya sedih, Subang masih ketinggalan di bidang teknologi khususnya automation untuk mendukung sektor industri. Padahal dengan harapan Subang menjadi kota emas, kekurangan-kekurangan tersebut perlu segera dibenahi mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah Daerah maupun dari Pemerintah Pusat,” Ujar Huban yang pernah menjadi pengajar training untuk Tehnik Kendali Logika Terprogram (PLC) di Insitut Teknologi Bandung (ITB).

Huban bersama Karang Taruna Subang bercita-cita untuk merealisasikan program Subang Hebat 2024 diantaranya mengenai Ketahanan Energi dengan program “Penerapan Reaktor Pembangkit Gas Hidrogen Sebagai Bahan Bakar Genset Untuk Nelayan Wilayah Kabupaten Subang” dan Progam Solar Cell yang baru diimplementasikan di Desa Cirewang, Kecamatan Legon Kulon tapi Huban berharap bisa diterapkan di wilayah lainnya juga.

Subang Hebat 2024 menargetkan pula di bidang SDM yaitu dengan membangun SDM bidang IT dan Telekomunikasi yang sangat penting juga dalam era Industri 4.0 sebagai penopang sebuah sistem Industri agar Subang tidak tertinggal di bidang otomatisasi.

Huban mengungkapkan target Subang Hebat 2024 terkendala dengan dana yang sangat besar yaitu sekitar 26 M yang diperlukan untuk pengembangan teknologi untuk mengaplikasikan program-program yang ada dalam Subang Hebat 2024.

Sebagai Wakil Ketua Persatuan Nelayan Tradisional Indonesia, Huban juga akan menggelar webinar dengan tema “Masa Depan UMKM di Masa Covid-19”. Dalam webinar yang rencananya akan dilaksanakan pada Sabtu, 04 Oktober 2020 dengan aplikasi zoom meeting, dan akan mengundang Bupati Subang H.Ruhimat dan pengusaha muda yang juga mantan Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.(Nanang S)

Comment

Rekomendasi Berita