by

Adi Victoria: Esensi Khilafah Adalah Ukhuwah, Syariah Dan Dakwah

Adi Victoria bersama isteri
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Khilafah semakin menjadi topik utama yang diperbincangkan, baik yang pro maupun kontra.   Namun yang pasti,  khilafah adalah bagian dari ajaran Islam. 
Bahkan lafadz khilafah sendiri banyak terdapat di dalam hadist,  salah satunya dalam hadist riwayat Imam Ahmad terkait bisyarah kembali tegaknya khilafah. 
Sebenarnya,  khilafah itu apa sih? Untuk mengenalnya,  maka perlu didefinisikan dulu apa itu khilafah. Untuk definisi khilafah, bisa kita rujuk apa yang pernah dituliskan oleh Syaikh Taqiyuddin an Nabhani di dalam salah satu kitabnya. Beliau rahimahullah menuliskan :
اَلْخِلاَفَةُ هِيَ رِئَاسَةٌ عَامَّةٌ لِلْمُسْلِمِيْنَ جَمِيْعاً فِي الدُّنْيَا لإِقَامَةِ أَحْكَامِ الشَّرْعِ الإِسْلاَمِيِّ، وَحَمْلِ الدَّعْوَةِ الإِسْلاَمِيَّةِ إِلَى الْعَالَمِ
“Khilafah adalah kepemimpinan umum bagi kaum muslimin seluruhnya di dunia untuk menegakkan hukum-hukum Syariah Islam dan mengemban dakwah Islam ke seluruh dunia.”[Taqiyuddin An Nabhani, As Syakhshiyah Al Islamiyah, (Beirut : Darul Ummah), 2003, Juz 2 hlm. 14]
Nah,  dari definisi di atas,  dapat kita ambil tiga hal yang terkandung di dalamnya,  yakni UKHUWAH,  SYARIAH dan DAKWAH. 
1. UKHUWAH
Hal ini sejalan dengan firman Allah ta’ala di dalam Al Qur’an. 
وَٱعْتَصِمُوا۟ بِحَبْلِ ٱللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا۟ ۚ 

Artinya : “Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai”. [TQS ali Imran 103]
Tanpa adanya khilafah,  umat Islam menjadi lemah,  karena hidup tersekat atas nama negara bangsa. Sehingga,  tidak berdaya saat ada saudaranya yang tinggal dibelahan bumi lain sedang dilecehkan kehormatannya oleh orang-orang kafir. Sebagaimana yang terjadi baru-baru ini di New Zealand, Mali dan wilayah lainnya. 
2. SYARIAH
Firman Allah Ta’ala 
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱدْخُلُوا۟ فِى ٱلسِّلْمِ كَآفَّةً 
Artinya :”Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan,…[TQS al Baqarah 208]
Allah memerintahkan kepada mereka yang beriman agar berislam secara kaffah,  totalitas. Karena Islam tidak hanya bericara masalah aqidah,  namun juga syariah. Karena Islam terdiri atas aqidah dan syariah. 
3. DAKWAH
Dengan adanya dakwah,  maka Islam akan semakin tersebar ke seluruh penjuru alam,  hingga penyebarluasan Islam tersebut menjadi  rahmat bagi seluruh manusia dan seluruh alam, yang itu memang menjadi karakter agama Islam.
Firman Allah Ta’ala :

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ
“Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam” [TQS al Anbiya 107]. 
Oleh karena itu,  tidak ada yang perlu ditakutkan ataupun dikhawatirkan terhadap khilafah.  Karena khilafah adalah ajaran Islam.  Tidak ada ajaran Islam itu yang membawa kemudharatan. 
Bahkan hukum rajam yang nilai ngeri itu,  jika kita kaji secara mendalam,  maka akan ditemukan suatu kemuliaan didalamnya.  
Tidak heran kenapa kemudian Maiz Al Islamiy dan Ghamidiyah datang kepada Rasulullah saw meminta untuk dirajam,  karena mereka mengaku telah berbuat zina. 
Karena mereka sadar,  lebih baik dihukum di dunia,  agar kelak di akhirat mereka tidak akan mendapatkan siksaan lagi terhadap dosa yang mereka telah lakukan. 
Ini adalah salah satu dari  esensi khilafah yakni syariah. Sedangkan khilafah juga tidak hanya menyoal syariah,  namun juga ukhuwah dan dakwah. 
Syariah juga tidak hanya menyoal masalah dalam hal uqubat berupa hudud,  jinayat, ta’zir dan mukhalafat, namun juga syariah mengatut bagaimana sistem ekonomi,  politik,  pergaulan,  budaya dan hal lainnya. Wallahu a’lam bisshowab.[]

Penulis adalah Aktivis Dakwah,  tinggal di Samarinda

Comment

Rekomendasi Berita