Baruga Lapor SP4N Sulsel Tembus TOP 30 Terbaik Nasional Dalam Meningkatkan Layanan Publik

Daerah, Sulsel391 Views

RADARINDONESIANEWS.COM, MAKASSAR – Dalam upaya peningkatan kualitas layanan publik melalui evaluasi kinerja aplikasi layanan aduan Baruga Lapor SP4N Kementerian Menpan RB melakukan penilaian layanan aduan publik secara nasional dalam tahun 2019 dengan melibatkan peserta sekitar 600 instansi pemerintah Pusat, Provinsi dan seluruh Kabupaten Kota seluruh Indonesia.

Pengumuman Mempan RB melalui Keputusan Nomor 310 Tahun 2019 tentang kompetisi pengelolaan pengaduan pelayanan publik  diputuskan Baruga Lapor SP4N Sulsel termasuk salah satu yang terbaik dan tembus TOP 30 berada diposisi rangking TOP 11 menyisihkan ratusan instansi pemerintah lainnya- selanjutnya akan mengikuti evaluasi berikutnya untuk katagori TOP 10 terbaik nasional.

Kadis Kominfo-SP Andi Hasdullah dalam releasenya selasa (19/11/2019) mengatakan bahwa dirinya memgaku telah menerima hasil penilaian Menpan RB yakni Baruga Lapor SP4N Sulsel masuk TOP 30 tataelola aduan salah satu  terbaik nasional, dimana dalam pengumuman itu baruga Lapor SP4N Sulsel tembus TOP 30 bahkan kita berada di urutan TOP 11 setelah kita menyisihkan lebih 500 instansi peserta dan sekarang terus dioptimalkan terutama kecepatan tindak lanjut aduan masyarakat yang masuk diaplikasi  aduan untuk dapat segera ditindak lanjuti penyelesaiannya.

Hasdullah menambahkan bahwa tata kelola aduan Baruga Sulsel Lapor SP4N ini progresnya memang cukup tinggi karena aduan ini berbasis media sosial dan android makanya kita berikan layanan kemudahan, kecepatan dan akurasi dalam menyampaian aduan prosesnya hanya butuh 15 menit saja aduan itu sudah sampai ke instansi berwenang untuk pneyelesaiannya,  saat ini admin Baruga Lapor ada di OPD Provinsi Kabupaten Kota bahkan sudah  tembus sekitar pada angka 600 intansi yang tersambung dengan Baruga Lapor ini dan posisi Diskominfo-SP Sulsel ikut terus kontrol tindak lanjut aduan yang masuk baik itu menyangkut kewenangan Pusat, Provinsi maupun Kabupaten Kota.

Termasuk Sosialisasi aplikasi Baruga Lapor terus diintensifkan ada sosialisasi goes to campus, bintek dengan berbagai komunitas, brosur, iklan radio dan berbagai canal yang lainya, intinya adalah kita berharap seluruh kalangan masyarakat Sulsel tau dan dapat memanfaatkan aplikasi aduan ini sehingga secara nyata masyarakat dilayani dengan cepat atas berbagai masalah publik yang di butuhkan, untuk itu pemerintah hadir untuk mengsolusi dan  memberikan layanan prima kepada rakyat.

Hasdullah berharap kehadiran aplikasi aduan Baruga Sulsel Lapor SP4N dapat dirasakan manfaatnya dan menjadi penyambung lidah rakyat kepada Pemprov Sulsel yang makin mendekatkan pemerintah dan rakyat Sulsel, selanjutnya Hasdullah optimis pengelolaan aduan publik Sulsel bisa tembus masuk TOP10 terbaik nasional.

Gubernur Nurdin Abdullah beserta jajarannya diberbagai forum selalu menyampaikan agar masyarakat memanfaatkan Baruga Sulsel untuk melaporkan atau mengadu dan menyampaikan aspirasinya karena aplikasi aduan ini kita tidak mau hanya sebagai media tempat curhat tapi menjadi media solutif dan seluruh aduan pasti diperhatikan untuk ditindaklanjuti dalam rangka peningkatan kualitas layana publik di Sulsel. pungkas Hasdullah. (Lp.AH)

Comment