BPK Perwakilan Sumatera Utara Kunjungi Pemkab Nias

Berita424 Views
Kunjungan BPK Perwakilan SUMUT Saat Di Pendopo Bupati  Nias.[Rinus/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.Com,Nias – Badan Pengawas Keuangan(BPK) Perwakilan Sumatera Utara melaksanakan Kunjungan Kerja di Pemerintah Kabupaten Nias, bertempat di pendopo Bupati Nias Rabu,30/03/2016. Hadir pada pertemuan ini Bupati Nias, Sekda dan seluruh Kepala SKPD beserta BUMD..

Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli,MM pada penyampaiannya melaporkan bahwa penyelenggaraan pemerintah di Kabupaten Nias dilayani oleh SKPD yang hemat Struktur tapi kaya fungsi, bahkan kedepan,menurut Bupati akan lebih disempurnakan lagi sesuai kebutuhan organisasi yang lebih ramping dan efektif dengan tetap berpedoman pada ketentuan dan peraturan yang ada.

Selanjutnya, kepada masing-masing SKPD menurut Bupati terus didorong untuk bekerja optimal dan inovatif. Hal ini tercermin melalui pengikatan perjanjian kinerja dan penandatanganan pakta integritas. yang sudah di tandatangani oleh setiap pimpinan SKPD.

Disamping pengawasan melekat dan Ketat juga aparat pengawas intern pemerintah (APIP) Kabupaten Nias turut berperan aktif dalam melakukan pembinaan sebagai bagian dari upaya pencegahan dini terhadap ketidak patuhan pada peraturan dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku,walupun masih memiliki berbagai keterbatasan atas laporan keuangan pemerintah kabupaten nias tahun 2015, namun Bupati berharap agar BPK dan tim audit berkenaan memberikan koreksi sekaligus solusi sebagai bahan penyempurnaan penyusunan LKPD Kab.Nias tahun 2015.

Selain itu,Bupati juga menginformasikan akan capaian pemerintah Kabupaten Nias mendapat opini wajar dengan pengecualian dari BPK perwakilan Provsu, juga penyajian laporan kinerja instansi pemerintah (LAKIP) yang memperoleh penilaian dari MENPAN –RB untuk tahun 2013 nilai “C” dan pada tahun 2014 yang diserahkan langsung oleh MENPAN-RB di Yogyakarta pada bulan februari 2016 mendapat penilaian “CC”. mudah-mudahan lakip tahun 2015 mendapat nilai B, ini merupakan upaya nyata dan kesungguhan pemerintah kabupaten nias dalam mewujudkan penyelenggaraan program diberbagai bidang.

Bupati lebih rinci bahwa, secara periodi tim BPK perwakilan Provsu, BPKP, Inspektorat Provsu maupun Inspektorat Kabupaten Nias melakukan audit, monitoring tindak lanjut hasil pemeriksaan, mengadakan rapat koordinasi dan rapat pembahasan tindak lanjut. Sehingga dari setiap hasil laporan pemeriksaan yang di terima senantiasa di tindak lanjuti sesuai rekomendasi. Bahkan majelis tuntutan pendaharaan dan tuntutan ganti rugi terus berupaya untuk mendorong serta mengingatkan para pihak agar menyelesaikan kewajiban baik berupa kelengkapan administrasi maupun pengembalian kerugian.Mengakhiri penyampaiannya Bupati atas nama Pemerintah Kabupaten Nias senantiasa berkomitmen menjadi pemerintahan yang bersih, melayani dengan sepenuh hati dan terhindar dari perbuatan melawan hukum dengan harapan atas kehadiran BPK perwakilan Sumatera Utara dapat memberikan pencerahan kepada setiap entitas lingkup pemerintahan Kabupaten Nias.(Rinus)

Berita Terkait

Baca Juga

Comment