by

Bupati Nias Buka Secara Resmi Forum Perangkat Daerah

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Pemerintah Daerah Kabupaten Nias melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar forum perangkat daerah terkait penyusunan rancangan awal rencana kerja perangkat daerah Kabupaten Nias tahun 2022 dengan tema “Sinergitas dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pemulihan ekonomi daerah”.

Acara yang berlangsung di gedung salak madu, Kamis (18/02), tampak dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Nias, pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Nias, Sekda Kabupaten Nias, para Kepala OPD, para Camat, para tokoh dan delegasi tiap kecamatan serta para undangan lainnya.

Dalam laporan yang disampaikan Sekretaris Bappeda, Danius Harefa mengungkapkan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut.

“Tujuan yang diharapkan dari Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah ini antara lain adalah tercapainya pelaksanaan seleksi dan verifikasi terhadap usulan prioritas dan kegiatan pembangunan di Kabupaten Nias pada tahun 2022, serta mempertajam indikator dan target kinerja program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi Perangkat Daerah,” ungkapnya.

“Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah saat ini kiranya dapat memperoleh saran dan masukan penting yang lebih menitikberatkan pada pendekatan teknokratis Perangkat Daerah terkait serta penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Desk masing-masing Bidang Urusan,” tuturnya Denius lebih lanjut.

Pada kesempatan yang sama Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias, Ameyunus Zai dalam sambutannya menyampaikan jika pihaknya menyambut baik kegiatan tersebut.

“Kita menyambut baik kegiatan ini, untuk itu saya mengharapkan di masa transisi jabatan Bupati Nias ini mari kita kerja fokus,” ucap politisi partai Golkar itu.

Pada arahannya Bupati Nias, Drs. Sokhiatulo Laoli, MM berharap kegiatan ini nantinya dapat memberikan dampak bagi peningkatan pelayanan dasar dan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Forum ini memiliki arti yang sangat strategis karena juga merupakan forum koordinasi antar pelaku pembangunan untuk membahas prioritas program dan kegiatan pembangunan hasil Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan sebagai bahan dalam menyusun dan menyempurnakan Rencana Kerja Perangkat Daerah terkait. Sejalan dengan dokumen Rancangan Teknokratik RPJMD Kabupaten Nias Tahun 2021-2026 dijelaskan bahwa kedudukan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2022 memiliki arti yang sangat strategis karena merupakan tahun pertama untuk melanjutkan pencapaian sasaran pembangunan jangka menengah daerah sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Arah kebijakan pembangunan di tahun 2022 tersebut akan difokuskan pada bidang atau sektor yang masih perlu ditingkatkan pencapaian kinerjanya berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi terhadap hasil capaian program prioritas yang telah dilaksanakan selama 5 (lima) tahun terakhir khususnya peningkatan kualitas pelayanan dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia yang kompeten dan terampil. Hal penting lainnya adalah perlunya sinergitas semua pemangku kepentingan dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pemulihan ekonomi daerah, sehingga target dan manfaat pembangunan dapat memberikan dampak bagi peningkatan pelayanan dasar dan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” ucap Bupati Nias.

Bupati Nias juga mengatakan bahwa penajaman skala prioritas menjadi sangat penting.

“Prioritas peningkatan kualitas pelayanan dasar serta beberapa target pembangunan yang masih harus dicapai maka penajaman skala prioritas menjadi sangat penting, mengingat hampir semua usulan program yang telah disampaikan merupakan usulan rencana yang mendesak, objektif dan rasional. Demikian juga halnya tuntutan terhadap keadilan dan pemerataan pembangunan merupakan aspirasi yang wajib kita sikapi dan respon secara arif dan proporsional. Untuk itu pada Forum yang berbahagia ini sangat diharapkan kearifan semua pihak terutama para pemangku kepentingan pembangunan, agar dalam penetapan prioritas pembangunan dapat dilakukan secara objektif dan proporsional menurut tingkat urgennya kebutuhan suatu pembangunan,” harap orang nomor satu di Pemerintahan Kabupaten Nias itu.

Hadir pada acara tersebut Bupati dan Wakil Bupati Nias, Sekda Kabupaten Nias, para Kepala OPD, direktur BUMD, para tokoh dan delegasi dari setiap Kecamatan serta para undangan lainnya.

Reporter : Albert

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 3 =

Rekomendasi Berita