Bupati Tolitoli Serahkan Bantuan 8 Unit Kapal Penangkap Ikan Kepada Kelompok Nelayan

Daerah, Sulteng509 Views

 

RADARINDONESIANEWS.COM, TOLITOLI — Bupati Tolitoli Amran H Yahya menyerahkan Kapal Motor Nelayan(KMN) penangkap ikan kepada kelompok nelayan yang ada di Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah, di Dermaga Pelabuhan Hj.Hayyun Tolitoli, Senin (12/7/2021).

Kapal Motor Nelayan(KMN) yang diserahkan tersebut sebanyak 8 unit, merupakan bantuan dari pemerintah daerah Kabupaten Tolitoli melalui Dinas Perikanan.

Kapal tersebut berkekuatan 3 Gross Tonage (GT) yang didorong oleh mesin tempel berkekuatan 15 tenaga kuda/paard kracht(PK) dan dilengkapi peralatan labuh dan tambat, alat keselamatan dan navigasi serta kelengkapan lain seperti senar pancing, kelos senar, mata kail, alat pancing longline Yang pengadaannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus(DAK) Tahun Anggaran 2020.

Bupati Tolitoli, Amran H Yahya mengatakan, bantuan kapal penangkap ikan untuk kelompok nelayan ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli melalui Dinas Perikanan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan dan keluarganya.

“Kita bersyukur bahwa pemerintah pusat memberikan Dana Alokasi Khusus (DAK) melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan sehingga kapal penangkap ikan dapat membantu kelompok-kelompok nelayan yang ada di daerah ini.” kata Bupati, Senin (12/7/2021).

“Bantuan kapal penangkap ikan ini adalah hibah dari pemerintah ke kelompok nelayan, artinya kapal penangkap ikan secara resmi menjadi milik kelompok nelayan yang harus dimanfaatkan dan harus dapat meningkatkan pendapatan nelayan.” jelasnya

Ia mengingatkan kelompok nelayan yang mendapatkan bantuan kapal agar dapat menjaga dan mempertanggung jawabkan kapal yang telah diterima dengan sebaik-baiknya

Amran H Yahya berharap agar nelayan menjadi lebih berkualitas dan memiliki daya saing dalam peningkatan sumber daya manusia untuk mengelola dan memanfaatkan sumber daya perikanan yang ada di Kabupaten Tolitoli. Kapal ini harus dijaga dan dirawat dengan baik, bila ada kerusakan segera diperbaiki dan jangan lupa kewajiban kelompok untuk memberikan laporan data produksi hasil tangkapan setiap bulannya.

“Semoga bantuan ini dapat meningkatkan hasil tangkapan dan pendapatan nelayan.” Ujarnya.

Saat penyerahan bantuan oleh Bupati Tolitoli, Amran H Yahya, hadir pula Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesra, Anhar Dg. Mallawa, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tolitoli Gusman,vKepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tolitoli Herry Mendur. (Di/Asyram)

Comment