by

Kadis Dukcapil: Secepatnya Terbitkan Dokumen Kependudukan Jernih Darmawati Lase Bersaudara

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Nias Tehesokhi Hulu, S.IP kunjungi Jernih Darmawati Lase Bersudara.[Rinus/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Nias Tehesokhi Hulu, S.IP kunjungi Jernih Darmawati Lase Bersudara di SD Negeri 071005 Banua Sibohou Kecamatan Botomuzoi  Kabupaten Nias Provinsi Sumatera Utara, Sabtu (01/10)
Kunjungan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Nias tersebut, dalam hal proses penerbitan dokumen kependudukan Jernih Darmawati Lase bersaudara sekaligus mencari data pendukung lainnya karena selain tidak memiliki akta kelahiran, juga tidak memiliki Kartu Keluarga termasuk Almarhum ayahandanya dan juga ibundanya yang tidak diketahui keberadaannya.
“Jernih Darmawati Lase bersaudara tidak memiliki dokumen kependudukan apapun bahkan pada penelusuran Disdukcapil Kabupaten Nias, kalau data kependudukan anak-anak tersebut tidak didapatkan dalam data base, sehingga sedikit mengalami kendala dan butuh proses untuk melengkapi persyaratan yang dibutuhkan dalam penerbitan dokumen kependudukan mereka” Jelas Tehesokhi Hulu.
Lebih lanjut Tehesokhi Hulu mengatakan, kalau dari awal setelah membaca berita tentang derita Jernih Darmawati Lase bersaudara, yang salah satunya terkendala karena tidak memiliki dokumen kependudukan apapun, saat itu juga Kepala Dinas Kependudukan meminta petunjuk Dirjen Kependudukan di Jakarta dan atas saran yang diberikan, mungkin sedikit butuh proses dalam hal melengkapi data pendukung untuk penerbitan baik itu akta lahir dan kartu keluarga.
“Sesuai UU No. 24 tahun 2013 tentang perubahan UU No. 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan menjelaskan bahwa pelaporan dan penerbitan dokumen kependudukan dilaksanakan di Instansi pelaksana tempat domisili, maka sudah tentu menjadi bagian dari tugas dan tanggung jawab Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Nias dalam penerbitan dokumen kependudukan Jernih Darmawati Lase bersaudara dengan berbagai upaya mencari data pendukung sesuai kebutuhan” Ujar Kadis Dukcapil.
Demi kelancaran untuk mempermudah dalam hal melengkapi data pendukung yang dibutuhkan, Kadis Dukcapil mengharapakan agar Pemerintah Kecamatan Botomuzoi bekerjasama dengan pemerintah Desa Lasara Botomuzoi bersama dengan Pihaknya untuk saling berkoordinasi sehingga upaya proses penerbitan dokuimen kependudukan Jernih Darmawati Lase bersaudara dapat diterbitkan secepatnya. (Rinus)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + seventeen =

Rekomendasi Berita