by

Kampanye Ide ChildFree Mendistorsi Ajaran Islam

-Opini-138 views

 

 

 

Oleh:  Hardita Amalia, M.Pd, Dosen, Novelis Dan Konsultan Parenting

_________

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA — Saat ini begitu massif ide Childfree di sampaikan dan di opinikan bahkan membentuk sebuah gerakan di tengah – tengah masyarakat di Indonesia. Menurut dictionary.cambridge.org, childfree adalah istilah yang digunakan untuk merujuk orang yang memilih tidak memiliki anak, atau tempat atau situasi tanpa anak.

Bahkan baru – baru ini salah seorang youtuber dengan gamblang mengumumkan dirinya menganut childfree dan tidak ingin memiliki anak.

Ide childfree ini bila dikampanyekan akan mendistorsi ajaran Islam. Kita memahami bahwa Islam menjadikan tujuan pernikahan di antaranya sebagai syariat Islam dan untuk mendapatkan keturunan. Sebagaimana Allah firmankan dalam Quran Surat An Nahl Ayat 72 :

وَاللّٰهُ جَعَلَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا وَّجَعَلَ لَكُمْ مِّنْ اَزْوَاجِكُمْ بَنِيْنَ وَحَفَدَةً وَّرَزَقَكُمْ مِّنَ الطَّيِّبٰتِۗ اَفَبِالْبَاطِلِ يُؤْمِنُوْنَ وَبِنِعْمَتِ اللّٰهِ هُمْ يَكْفُرُوْن .

Dan Allah menjadikan bagimu pasangan (suami atau istri) dari jenis kamu sendiri dan menjadikan anak dan cucu bagimu dari pasanganmu, serta memberimu rezeki dari yang baik. Mengapa mereka beriman kepada yang batil dan mengingkari nikmat Allah?

Tak hanya itu kampanye childfree menyalahi kodrat sebagai wanita yang telah Allah tetapkan. Allah menjadikan wanita sebagai madrasah pertama dan utama bagi anak. Melahirkan hingga membesarkan anak sebagai bagian dari jihad sebagai wanita bahkan Allah menganjar pahala syurga bagi wanita dengan peran dan perjuangannya mengandung, melahirkan hingga mendidik anaknya hingga dewasa dan membimbingnya menjadi hamba Allah yang taat dan menjalankan fungsinya sebagai khalifatullah fil ard.

Opini childfree  akan  mendistorsi nilai dan ajaran Islam sehingga banyak perempuan yang mengambil pilihan child free dan berdampak pada perkembangan laju generasI muslim.

Di Barat yang notabene menganut paham liberalisme serba bebas maka child free menjadi hal yang biasa sedangkan dalam Islam jelas ini ditentang keras.

Perlu dipahami bahwa anak dalam Islam adalah anugrah yang luar biasa.  Orang tua berkewajiban mendidik generasi terbaik yang berkepribadian Islam dan  anak akan melanjutkan laju estafet agama Islam dan penyebaranya. Kelak di akhirat anak yang sholih sholihat akan menjadi jariyah bagi orang tua.[]

Comment

Rekomendasi Berita