KSPI Tolak Rencana Pemerintah Mempermudah Masuknya Tenaga Kerja Asing

Berita383 Views
Presiden KSPI, Said Iqbal.[Nicholas/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia ( KSPI) menolak rencana pemerintah mempermudah peraturan mengenai tenaga kerja asing (TKA) yang bekerja di Indonesia. Apalagi, pada saat bersamaan, pengangguran di Indonesia masih tinggi.
Presiden KSPI Said Iqbal menegaskan, dengan dipermudah, bisa jadi tenaga kerja asing yang unskill akan berbondong-bondong ke Indonesia. 
Apalagi, saat ini peraturan mengenai tenaga kerja asing sudah sangat mudah. Seperti, tidak adanya kebebasan bebas visa untuk negara-negara tertentu dan dihilangkannya kewajiban bisa berbahasa Indonesia.
Pria yang juga menjadi Presiden Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) ini menambahkan, pihaknya tidak menolak investasi asing.”Karena investasi dapat mendorong pembangunan yang menciptakan lapangan kerja hingga dapat menyerap tenaga kerja dan mengurangi kemiskinan,” jelasnya.
“Dengan investasi yang meningkat, maka pertumbuhan ekonomi diharapkan akan semakin meningkat,” kata Said Iqbal.
Namun, pertumbuhan ekonomi yang meningkat juga harus diimbangi dengan penyerapan tenaga kerja sehingga tidak ada lagi warga Indonesia yang menganggur. Jika pengangguran meningkat, maka amanat konstitusi bahwa warga negara Indonesia mempunyai hak mendapatkan penghidupan yang layak tidak akan tercapai. 
Karena itu, Said Iqbal mengharapkan pemerintah benar-benar mengawasi tenaga kerja asing yang masuk di Indonesia agar tidak mendominasi dan menyalahi peraturan.
Karena itu, KSPI menolak masuknya tenaga kerja asing yang tidak memiliki keterampilan untuk mengambil lapangan pekerjaan yang seharusnya dapat dimasuki pekerja Indonesia.
“Kami tidak menginginkan masyarakat Indonesia menjadi penonton dalam negeri dan tidak berdaya saing karena menjadi tamu di negerinya sendiri, menjadi asing di negaranya sendiri,” tegasnya.
Dia menambahkan, bahwa Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tegas melarang TKA unskill bekerja di Indonesia, terkecuali yang skill worker atau tenaga kerja berketerampilan seperti tenaga ahli mesin teknologi tinggi, ahli hukum internasional, akuntansi internasional, dan lain-lain. Itu pun wajib d dipersyaratkan TKA harus bisa berbahasa Indonesia, satu orang TKA didampingi 10 orang pekerja lokal, terjadi transfer of knowledge dan transfer of job.
“Apa yang dilakukan pemerintah dengan mempermudah izin TKA adalah pengingkaran dan menciderai konstitusi dan berpotensi presiden melanggar UUD 1945,” ujarnya. 
“Maka KSPI mendesak presiden untuk menghentikan kebijakan aturan yang mempermudah TKA, khususnya TKA China yang masuk bekerja di Indonesia,” tutupnya.[Nicholas]

Berita Terkait

Baca Juga

Comment