Pemkab Nias Gelar Sosialisasi, Event SAIL Nias Siap Disukseskan

Berita394 Views

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Event SAIL Nias bertaraf Internasional yang dilaksanakan di Kepulauan Nias turut diramaikan Kabupaten Nias.

Guna menyukseskannya, Pemerintah Kabupaten Nias sosialisasikan pelaksanaan SAIL Nias di Pantai Tagaule Kecamatan Bawolato, Kabupaten Nias tepatnya di Aula Sarana Wisata Panatai Tagaule Onolimbu, Jumat (28/6).

Dari 15 event yang akan dilaksanakan, Kabupaten Nias ambil bagian di 4 (empat) rangkaian kegiatan yaitu Volly Pantai, Fishing, Fam Trip Nias dan juga 1000 tenda yang dipusatkan di Pantai Tagaule – Onolimbu Kecamatan Bawolato pada bulan September 2019 yang akan datang.

Pada laporannya, Kadis Pariwisata Kabupaten Nias, Kharisman Halawa menjelaskan tujuan dilaksanakannya sosialisasi SAIL Nias tersebut.

“Sosialisasi hari ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat apa saja kegiatan yang akan dilaksanakan pada September mendatang diacara SAIL Nias khusus di Kabupaten Nias,” lapor Kadis di hadapan para peserta sosialisasi.

Dikesempatan yang sama, dalam arahan dan bimbingannya, Bupati Nias Sokhiatulo Laoli mengajak masyarakat agar mendukung kegiatan SAIL Nias.

“Pemerintah Kabupaten Nias mengharapkan dukungan penuh kepada masyarakat Nias, kiranya pelaksanaan SAIL Nias ini dapat berjalan dengan baik, tentu dengan penuh dukungan dari masyarakat pemilik lahan Pantai Tagaule dan begitu juga dukungan dalam membantu pemerintah untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan,” harap Bupati Nias.

Menanggapi harapan Pemerintah Kabupaten Nias terkait dukungan, masyarakat langsung merespon.

“Terkait dengan hal tersebut, kami masyarakat sekitar Desa Tagaule mendukung penuh kegiatan dimaksud dan bersedia melakukan relokasi beberapa bangunan yang ada di lokasi Pantai Tagaule,” ucap salah satu tokoh masyarakat Ama Endra.

Hal senada juga di sampaikan Camat Bawolato, Elizama Gea.

“Masyarakat siap mendukung untuk pengembangan Pantai Tagaule menjadi Icon Pariwisata Kabupaten Nias,” ucap Camat.

Ketua DPRD Kabupaten Nias, Yaredi Laoli ditempat yang sama mengatakan pihaknya siap mendukung Event Internasional tersebut.

“Lembaga DPRD siap mendukung pelaksanaan SAIL Nias dan terkait dengan anggaran, DPRD Kabupaten Nias akan mengakomodir kebutuhan pelaksanaan kegiatan dimaksud. Selain itu kami juga mengharapkan peran serta masyarakat dalam menyukseskan acara ini dan mengharapkan pemerintah serius untuk mengembangkan Pantai Tagaule untuk menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten Nias, untuk itu perlu penataan yang baik dan mengharapkan kepada masyarakat untuk siap menjadi pelaku wisata yang penuh dengan keramahtamahan kepada pengunjung,” ucap Yaredi.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut, Sekda Kabupaten Nias, F. Yanus Larosa, Para Unsur Forkompida Kabupaten Nias, Forkomika Kecamatan Bawolato, Kepala Desa sekitar (Desa Zindrondro, Desa Lagasimahe, Desa Siofaewali, Desa Sohoya, Desa Botohaenga dan Desa Tagaule), Tokoh Masyarakat dan Masyarakat. (Albert)

Berita Terkait

Baca Juga

Comment