Peran Penting Dinas Pendidikan Kubu Raya Agar Tak Lagi Terjadi Kekerasan

Berita367 Views
Subaidi, Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Kubu Raya, Saat dijumpai diruangannya.[PKP]
RADARINDONESIANEWS.COM, PONTIANAK – Salah satu anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Kubu Raya Subaidi mengungkapkan bahwa kekerasan di dalam pendidikan adalah sesuatu yang terkadang tidak bisa terelakan, baik itu kekerasan terhadap murid, sampai dengan kekerasan kepada guru.
Peran seorang guru dalam mendidik dan melakukan pembinaan kepada murid-muridnya disekolah adalah hal yang sangat penting, terutama dalam mendidik dan membina karakter anak, khususnya di lingkungan sekolah.
Selain itu, peran orang tua murid juga tidak kalah penting dalam mengawasi dan mendidik anaknya saat berada di luar lingkungan sekolah.
“Tentunya kekerasan ini seharusnya jangan sampai dilakukan dalam hal apapun yang menjadi topik dalam proses ngajar – mengajar. Dalam menghukum atau memberi sangsi kepada murid juga harus ada batasan – batasannya, dalam alangkah lebih baik jika murid itu bersalah, orang tuanya yang dipanggil, agar guru dan orang tua murid tahu, bagaimana karakter, sikap, dan prilaku anaknya di lingkungan sekolah,” ujar dia
Dirinya menerangkan, peran yang tak kalah penting dalam hal ini adalah Peran Dinas Pendidikan, khususnya yang ada di Kabupaten Kubu Raya dalam mengawasi setiap sekolah – sekolah yang berkemungkinan besar terjadi tindak kekerasan. Baik itu tindak kekerasan kepada murid ataupun kepada guru.
“Saya berharap ditahun 2017 ini, dengan adanya pantauan langsung oleh Dinas Pendidikan di sekolah – sekolah yang ada di kubu raya, kasus tindak kekerasan yang menimpa murid ataupun guru disekoah, tidak ada lagi,” pungkasnya.[andini/pkp]

Berita Terkait

Baca Juga

Comment